Home / Bisnis / Artikel / Tax Amnesty Hanya Berlaku selama 9 Bulan, Ini Alasan dari Menkeu

Tax Amnesty Hanya Berlaku selama 9 Bulan, Ini Alasan dari Menkeu

_tax

 

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro Menjelaskan kalau pemberlakuan realisasi tax amnesty (pengampunan pajak) hanya akan dilakukan dalam jangka waktu sembilan bulan. Hal ini akan sesuai dengan yang ada dalam ketentuan Undang-Undang (UU) tax amnesty yang baru saja disahkan.

Kementerian Keuangan memutuskan kalau waktu sembilan bulan lantaran melihat tingkat efektivitas pemberlakuan kegiatan pengampunan pajak di Indonesia. Sebabnya, jika jangka waktu yang diberikan terlalu lama, maka tidak akan efektif untuk para pelaku tax amnesty maupun dana yang masuk ke pemerintah.

“Kita hanya punya waktu sembilan bulan. Sembilan bulan ini kita betul-betul manfaatkan. Tidak bisa lebih lama dari itu karena enggak akan efektif,” ujar Bambang di kantornya, Rabu (29/6) seperti dikutip dari sebuah media online.

Ditambahkan olehnya, nantinya dana yang masuk akan ditahan selama tiga tahun dan peserta tax amnesty tersebut tidak boleh menggunakan seperserpun untuk diambil atau dipindahkan ke negara lain.

 

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...