Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Teman Ahok jelaskan, Untuk Hindari Manipulasi KTP Dukungan akan dilakukan Verifikasi, seperti ini

Teman Ahok jelaskan, Untuk Hindari Manipulasi KTP Dukungan akan dilakukan Verifikasi, seperti ini

teman ahok88

Bekas relawan Teman Ahok mengungkapkan kalau dirinya melakukan kecurangan dalam mengumpulkan KTP dukungan untuk gubernur DKI petahana Basuki T Purnama atau Ahok. Juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas menyebut pihaknya selalu melakukan verifikasi sebelum meloloskan setiap dukungan.

Amalia menuturkan ada berbagai modus kecurangan dalam mengumpulkan KTP. Misalnya mengubah-ubah data identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Jadi salah satu syarat yang paling berat dalam calon independen itu adalah administrasi karena administrasi itu salah satu paling rentan, orang bisa saja kumpulin KTP banyak terus kalau kita nggak cek quality control-nya bisa kebobolan,” ujar Jubir Teman Ahok Amalia di Markas Teman Ahok, Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (22/6).

Tetapi, Amalia mengaku Teman Ahok punya sistem verifikasi yang selalu melakukan pengecekan pada setiap data KTP yang didapat dari para relawan. Salah satu sistem verifikasi awal misalnya dilakukan dengan cara menelepon beberapa nomor kontak yang ada di dalam formulir tersebut. Jika nomor handphone yang tertera dalam formulir tersebut telah tersambung dan pemiliknya mengaku memberikan dukungan, maka formulir tersebut diterima.

Kemudian modus lainnya, ada pengubah-ubahan NIK yang ada di dalam KTP orang yang satu dengan orang yang lainnya dengan cara memotong dan menyambungkannya seperti seolah sebuah identitas baru. Modus seperti itu sudah diketahui ketika tim verifikasi melakukan penginputan dan menemukan nomor NIK, nomor HP, dan data lain yang sama dengan yang ada di data sebelumnya.

“NIK, nomor HP fiktif, terus habis itu dipotong-potong misal NIK orang A fotonya orang B, isinya backgroundnya orang C seolah olah itu identitas baru padahal identitas tiga orang yang digabung,” papar Amalia.

Dijelaskan pula oleh Amalia, setelah verifikasi via telepon, tim verifikasi melakukan verifikasi tahap penginputan dan scan. Ketika data-data tersebut terverifikasi maka data itu lah yang akan diinput untuk pencalonan Ahok melalui jalur independen.


Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...