Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Tempe Akan dijadikan Warisan Budaya Indonesia, Mari Dukung Petisinya

Tempe Akan dijadikan Warisan Budaya Indonesia, Mari Dukung Petisinya

tempe 2

Siapa yang tak tahu dan kenal dengan tempe? Pastilah seluruh masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Bukan hanya publik tanah air, penduduk di sejumlah negara pun ada yang mengenalnya.

Sebagai pangan yang sudah akrab dengan lidah masyarakat, sejarah telah menunjukkan bahwa tempe dengan bahan dasar kedelai merupakan produk fermentasi yang pertama kali dibuat oleh masyarakat Jawa Tengah dan sudah biasa dikonsumsi sejak tahun 1700-an.

Di tanah air, tempe telah diterima sebagai salah satu pangan sehat dan bergizi tinggi. Namun Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan), menilai tempe masih dianggap sebagai pangan kelas sosial ekonomi rendah.

Berkaca dari itulah, Pergizi Pangan Indonesia memulai sebuah petisi di situs change.org untuk memasukkan tempe sebagai warisan budaya Indonesia.

Berdasarkan siaran pers dari Change.org Indonesia, petisi tersebut ditujukan kepada Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Petisi tersebut ternyata mendapat respon, hingga tulisan ini dibuat, petisi telah ditandatangani oleh 10.618 orang.

Di dalam petisi itu, Pergizi Pangan menyatakan bahwa tempe merupakan produk fermentasi kacang kedelai oleh kapang Rhizopus oligosporus. Tempe dibuat dengan proses yang unik, ditemukan beberapa abad lalu oleh nenek moyang Indonesia.

“Hal ini menjadi salah satu alasan tempe masih kurang mendapat perhatian mendalam dari pemerintah, para pengambil kebijakan dan swasta sehingga perkembangan tempe di Indonesia relatif lamban,” tulis petisi itu.

Apa yang dilakukan Pergizi Pangan sendiri terinspirasi dari pengakuan UNESCO terhadap Batik dalam daftar “Intangible Cultural Heritage of Humanity”. Makanya Pergizi Pangan menilai tempe memiliki potensi yang besar untuk tercantum dalam daftar tersebut.

Diharapakan dengan tercantum dalam daftar Intangible Cultural Heritage of Humanity, maka status tempe akan meningkat baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...