Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Terjadi Gempa Dahsyat, Nepal Umumkan Keadaan Darurat

Terjadi Gempa Dahsyat, Nepal Umumkan Keadaan Darurat

gempa nepal

Dunia kembali berduka dengan terjadinya gempa di negara Nepal pada hari Sabtu (24/4) sekitar pukul 11.20 waktu setempat. Gempa ini merupakan yang sangat dahsyat karena berkekuatan begitu besar dan memakan korban tewas yang banyak sekali.

Berdasarkan data Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa awalnya dideteksi berkekuatan 7,7 momen magnitudo, tetapi kemudian dikoreksi menjadi 7,9. Pusat gempa di koordinat 28.131 lintang utara dan 84.649 bujur timur atau sekitar 81 kilometer arah barat laut ibu kota Nepal, Kathmandu, dan pada kedalaman 15 kilometer.

Diperkirakan hingga berita ini dibuat, korban tewas mencapai 1.341 orang, sementara yang mengalami luka-luka lebih dari 1.700 jiwa. Korban tidak hanya ditemukan di Nepal tapi di India, Tibet dan sekitarnya.

“Ini adalah gempa bumi yang sangat dahsyat di wilayah dengan populasi padat dengan infrastruktur yang telah rusak akibat gempa-gempa sebelumnya. Banyak korban pasti,” kata Paul Earle, seismolog dari Badan Survei Geologi AS (USGS).

Gempa mengakibatkan robohnya Menara Dharahara dimana merupakan salah satu landmark bersejarah Kathmandu yang diakui UNESCO. Disamping itu, gempa memicu longsoran salju di Mount Everest.

Melihat kondisi demikian, Pemerintah Nepal resmi mengumumkan keadaan darurat. Menteri Informasi Nepal Minendra Rizal menyatakan, terdapat kerusakan yang sangat signifikan akibat gempa terkuat dalam 81 tahun terakhir ini.

“Kita membutuhkan bantuan dari berbagai organisasi internasional yang lebih mengerti dan berpengalaman dalam mengatasi keadaan darurat yang saat ini kami hadapi,” tuturnya.

Nepal terbilang negara yang rawan terhadap gempa bumi. Pasalnya, negara yang tak punya kawasan laut itu berada di lingkaran pegunungan aktif, antara lempeng tektonik India dan Tibet. Selama 100 tahun terakhir, kawasan tersebut diguncang gempa di atas 6 Skala Richter (SR) atau kategori kuat sebanyak lima kali termasuk gempa yang baru saja terjadi. Pada tahun 1934, gempa bumi berkekuatan 8 Skala Richter bahkan menewaskan 16.000 orang.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...