Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Terkait Pengungsi, Menlu Retno Membawa 3 Hal di Pertemuan

Terkait Pengungsi, Menlu Retno Membawa 3 Hal di Pertemuan

menteri-luar-negeri-retno-lp-marsudi

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi direncanakan akan bertemu Menlu Malaysia dan Thailand di Kuala Lumpur pada Rabu (20/5). Ada tiga hal yang akan dibawa dan ditekankan oleh Retno dalam pertemuan tersebut.

“Indonesia akan mengusulkan beberapa hal. Pertama kita harus cari akar masalahnya apa, sehingga terjadi (pengungsi) yang begitu banyak, irregular movement or irregular migrant ke kawasan Asia Tenggara,” ujar Menlu Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/5).

Kedua, sambungnya, Indonesia juga perlu bekerja sama baik dengan UNHCR (Badan PBB yang mengurusi pengungsi), IOM (International Organization for Migration), dan pihak terkait, baik dalam bentuk negara asal, negara transit, dan negara tujuan.

“Terkait proses percepatan verifikasinya, resettlement-nya (relokasi), dan sebagainya. Dari catatan kita, untuk yang hampir 12 ribu tadi, setiap tahun maksimal resettlement dapat dilakukan untuk 500 orang. Artinya apa, dengan angka yang 12.000 saja, kalau tidak ada proses percepatan resettlement, maka masalah ini baru akan bisa diselesaikan 12 tahun lagi,” ungkap Retno.

Sedangkan yang Ketiga, pengungsi ini juga berkaitan dengan masalah human trafficking atau perdagangan manusia. Berarti perlu kerja sama yang keras antarnegara untuk membahas isu perdagangan manusia ini.

“Sekali lagi, isu traffickingnya yang menjadi salah satu penyebab terjadinya (pengungsi) itu juga harus di-address melalui kerja sama transnational crime. Jadi itu adalah posisi Indonesia, dan Indonesia sebagai negara bukan pihak dari Convention of Refugee 1951. Apa yang dilakukan Indonesia adalah sudah melebihi apa yang sudah seharusnya dilakukan oleh Indonesia. Jadi itu yang ingin saya sampaikan,” katanya.

Berdasarkan data, hingga Mei 2015, Indonesia menjadi tempat persinggahan 12 ribu pengungsi dari 41 negara.
 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...