Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Terkait Putusan PT TUN, Pimpinan DPR tetap Dukung Kubu Ical dan Djan

Terkait Putusan PT TUN, Pimpinan DPR tetap Dukung Kubu Ical dan Djan

Pimpinan DPR RI tetap mendukung kubu Ical dan Djan
Pimpinan DPR RI tetap mendukung kubu Ical dan Djan

Pada hari yang sama, Jumat (10/7), Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara  (PT TUN) Jakarta telah memutuskan mengabulkan permohonan banding Menteri Hukum dan HAM terhadap putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang mencabut SK kepengurusan Agung Laksana cs di Golkar dan Romahurmuziy cs di PPP.  Dengan demikian, putusan itu kembali menegaskan kalau kursi Ketua Golkar  menjadi milik Agung Laksono, dan kursi Ketua PPP millik Romahurmuziy (Romi). Kedua politisi ini adalah pendukung Pemerintahan Jokowi.

Putusan PT TUN ini dipastikan bakal kembali memunculkan kegaduhan politik di parlemen sehubungan dengan perebutan kekuasan di Fraksi PPP dan Golkar.

Kegaduhan ini sebenarnya telah terjadi saat Menkumham Yasona Laoly mengeluarkan SK tentang kepengurusan Golkar untuk kubu Agung Laksono cs dan dan kepengurusan PPP kepada kubu Romahurmuziy cs.  Pendukung Agung dan Romi sempat melakukan gebrakan dengan menggeser sejumlah posisi penting di tubuh fraksi partai itu di parlemen.

Konflik mencuat, sebab sejumlah anggota Fraksi Golkar pendukung Aburizal Bakri  dan anggota Fraksi PPP yang mendukung Djan Faridz menolak pergeseran tersebut.  Penolakan itu cukup kuat, sebab para petinggi DPR RI tetap mendukung kepengurusan Aburizal dan Djan Faridz. Hasilnya, kubu Agung dan Romahurmuziy tidak tidak bisa menguasai fraksi.

Situasi  semakin menyulitkan bagi Agung dan Romi setelah PTUN Jakarta pada Mei lalu membatalkan SK Menkumkam tersebut.  Sejak putusan itu, kubu Aburizal bakri dan Djan Faridz kembali di atas angin. Menkumkan sendiri kemudian mengajukan banding atas putusan PTUN tersebut.

Situasi kembali berubah setelah  Jumat (10/7) PT TUN Jakarta mengabulkan banding Menkumham.  Putusan tersebut kembali menegaskan bahwa kepengurusan Agung di Golkar dan Romi di PPP sah.  Maka bisa dipastikan rebutan kekuasaan di tubuh Fraksi PPP dan Golkar bakal kembali memanas.

Menyikapi hal ini, Pimpinan DPR RI yang didominasi Koalisi Merah Putuh mengaku tidak akan terpengaruh apa-apa. Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan, pergeseran itu tidak bisa dilakukan, sebab dipastikan kalau kubu Aburizal dan Djan Faridz akan mengajukan kasasi.

Hal yang sama ditegaskan Bendahara umum Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie, Bambang Soesatyo mengaku akan tetap mempertahankan posisinya sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR RI.

Bambang menegaskan,  kubu Ical akan mengajukan kasasi terkait putusan tersebut. “Karena kita akan melakukan upaya hukum kasasi, sSehingga keputusan hukum belum inkracht. Di samping itu juga kita tunggu keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara tanggal 24 Juli mendatang,” tegas Bambang. ***

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...