Home / Berita / Politik / Terkuak! Alasan PAN Gabung ke Pemerintah

Terkuak! Alasan PAN Gabung ke Pemerintah

zul

Seperti diketahui Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya gabung ke pemerintah. Niat PAN bergabung ke Pemerintah adalah untuk melebur KMP dan KIH. Sehingga dua koalisi tersebut yang terbentuk di Pilpres 2014 dianggap sudah tak relevan lagi.

“Bergabungnya kami, sebetulnya selama ini sudah jelas, praktiknya, KMP-KIH di MPR juga sudah tidak relevan, karena (membahas-red) APBN sama-sama, (mengesahkan calon pimpinan) TNI, Polri sama-sama,” ungkap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan beberapa hari lalu.

Ditambahkan oleh Zul, ia membenarkan kalau keputusan PAN mendukung pemerintah atas komunikasi dengan ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Bu Mega kan waktu hari konstitusi ceramah di sini mengatakan, ayo Pak Zul kita perbaiki sistem ketatanegaraan kita,” katanya.

Tentu, lanjut Zul, kalau kita masih pakai baju terkotak-kotak susah, karena membicarakan bangsa harus ada kebersamaan, saling percaya. Saya percaya KMP-KIH itu kan pemimpinnya negarawan.

Ditegaskan oleh Zulkifli, bergabungnya PAN dalam situasi ekonomi negara yang sulit saat ini, ingin memberikan vitamin dan dukungan yang diharapkan dapat direspon positif oleh pasar. Tidak berpikir soal jatah menteri.

Terkait mengenai jatah menteri untuk PAN pasca bergabung dengan pemerintah, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa hal itu sepenuhnya hak prerogatif Presiden.

 

 

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...