Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Terkuak! Di UGM ada Mahasiswa Paling Muda, Usianya Baru 14 Tahun

Terkuak! Di UGM ada Mahasiswa Paling Muda, Usianya Baru 14 Tahun

aldo-meyolla-geraldino-usia-14-tahun-kuliah-di-ugm-480x350

Sejatinya seorang mahasiswa baru rata-rata usianya sekitar 17-18 tahun. Namun ternyata di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ada mahasiswa baru masuk usianya baru 14 tahun. Tentu saja ia kini tercatat sebagai mahasiswa paling muda.

Ya, dia adalah Aldo Meyolla Geraldino. Ia tercatat sebagai menjadi mahasiswa termuda UGM angkatan tahun 2015/2016. Aldo demikian biasa disapa, merupakan siswa lulusan SMAN 1 Surakarta melalui jalur akselerasi.

Terbilang cukup hebat dan pintar siswa tersebut. Bayangkan saja, pendidikan tingkat atas ditempuh hanya dalam waktu dua tahun saja. Mahasiswa baru UGM tersebut kelahiran 19 Desember 2000 ini melewati jalur percepatan sejak tingkat SD diselesaikan hanya 4 tahun, SMP 2 tahun dan SMA 2 tahun.

Beberapa waktu lalu Aldo berdiri berjajar diantara 9.536 mahasiswa baru UGM. Tapi siapa sangka mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Dokter masih muda.

Ketika berlangsung upacara penerimaan mahasiswa baru UGM Tahun Akademik 2015/ 2016, iapun dinyatakan yang termuda. Aldo saat ini berumur 14 tahun,  7 bulan, 29 hari.

“Senang sih, di terima di Fakultas Kedokteran. Termuda ya, mungkin semua karena akselerasi,” ungkap Aldo Meyolla di lapangan Grha Sabha Pramana, Selasa (18/8), sebagaimana dikutip dari situs ugm.ac.id

Menjadi mahasiswa termuda, Aldo Meyolla mengaku melalui semua jenjang pendidikan dengan mengikuti program akselerasi. Saat duduk di bangku SD Negeri 16 Surakarta, kenaikan kelas 4 ada program tes akselerasi, iapun tes dan lolos.

“Awalnya umur 2 tahun, saya sudah masuk play group, umur 3 tahun masuk TK dan masuk SD umur 5,5 tahun. Kelas 3 naik kelas 4 ada tes akselerasi, saya ngikut saja. Jadi di kelas 4,5,6 hanya 2 tahun, jadi lulus SD umur 10 tahun,” tutur Aldo.

Pun halnya ketika duduk di bangku SMP Negeri 9 Surakarta dan SMA Negeri 1 Surakarta. Sehingga untuk dua jenjang pendidikan tersebut selesai dalam waktu 4 tahun.

“Di SMP ikut akselerasi lagi, dua tahun. SMP Negeri 9 surakarta, Jadi lulus SMP usia 12 tahun. Saat di SMA Negeri 1 Surakarta, juga akselerasi, jadi sekarang umur saya 14 tahun,” jelasnya.

Apa resepnya bisa pintar dalam menjalani pendidikan?

Putra pasangan Masoed dan Christina Murtini ini mengaku tidak memiliki jurus khusus. Meski begitu, nilai akademiknya selalu tinggi.

“Yang penting belajar itu senang aja. Belajar rutin sih iya, biasanya malam hari, dengan jam yang tidak terlalu terjadwal, sesuai keperluan saja,” tambah Aldo.

Ketika diterima di UGM melalui jalur ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Aldo memiliki nilai MIPA (Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam) di atas 9. Untuk nilai Biologi ia mengantongi nilai 9 dan Kimia 9,8.

Lalu kenapa pilih kedokteran?

“Masuk di Fakultas  Kedokteran karena cita-cita lama. Tapi saya suka sih sama sains dan penelitian, kedua biologi, dan ketiga ingin melayani masyarakat nantinya,” kata Aldo yang ternyata juga jago memainkan alat musik.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...

One comment

  1. Aldo Meyolla termasuk unik, dia bisa masuk fakultas kedokteran Universitas gadjah Mad di usia 14 tahun, keren sekali