Home / Olahraga / Balap / Terkuak, Honda Contek Sayap Ducati & Yamaha!

Terkuak, Honda Contek Sayap Ducati & Yamaha!

MotoGP 2016 memang membuat banyak rider mengubah performa motornya.

ducati_motogp_2016a

Misalnya saja ujicoba pramusim di Qatar, Repsol Honda menguji teknologi sayap motor. Honda menjadi tim ketiga setelah Ducati dan Yamaha yang mengadopsi teknologi tersebut. Penampakan sayap tambahan pada motor Honda RC213V, muncul ketika ujicoba memasuki hari kedua.

Seperti yang dilansir media Spanyol, AS, teknologi itu bertujuan mereduksi tekanan udara yang datang bagian bawah motor. Penggunaan ban Michelin disebut-sebut sebagai alasan kuat Honda mengikuti jejak Ducati dan Yamaha dalam menambahkan sayap pada fairing motor mereka.

Sayap didesain dengan tujuan memberikan downforce (gaya tekan ke bawah) pada ban depan, sehingga meningkatkan traksi ban depan Michelin guna meningkatkan akselerasi. Belum ada keterangan resmi dari Repsol Honda terkait penggunaan sayap motor di ujicoba pramusim terakhir.

Namun sayap tersebut telah digunakan pembalap penguji Hiroshi Aoyama yang turun pada hari kedua ujicoba di Sirkuit Losail. Sebelumnya Ducati menjadi tim pertama yang mengadopsi teknologi sayap tersebut, pada motor Desmosedici GP15, disusul Movistar Yamaha.

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...