Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Terkuak Tabir Tersembunyi…Lomba Panjat Pinang Punya Sejarah Kelam

Terkuak Tabir Tersembunyi…Lomba Panjat Pinang Punya Sejarah Kelam

panjat-pinang88

Hari Senin (17/8) ini Bangsa Indonesia memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI. Di pelosok tanah air, dari Sabang sampai Marauke begitu antusias menyambutnya, ada yang upacara bendera, menggelar aneka lomba, bikin tumpeng selamatan dan masih banyak lagi.

Diantara perayaan 17 Agustus-an adalah lomba panjat pinang. Seakan tak pernah ketinggalan, rasanya kurang afdol kalau lomba panjat pinang tidak ada.

Lepas dari itu, pernahkah kita berfikir kenapa ya lomba panjat pinang hanya diadakan setiap hari kemerdekaan saja?

Ternyata dari literatur yang ada, menurut catatan sejarah, panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dahulu. Lomba panjat pinang dilakukan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.

Peserta yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi. Sementara hadiah yang diperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian antara lain kemeja. Penjajah sengaja menyediakan hadiah seperti itu, maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah. Sedangkan orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah.

Orang Belanda suka dengan panjat pinang ini karena senang melihat orang Indonesia yang berebut memanjat hingga jatuh bangun.

Beberapa waktu lalu sempat muncul wacana kalau lomba panjat pinang dihapus dan akan dilarang. Namun wacana itu hilang begitu saja ditelan waktu, tidak ada pembicaraan lomba produk penjajahan tersebut.

Kini lomba panjat pinang memang menjadi hiburan buat masyarakat. Lepas dari sejarah tersebut, yang terpenting adalah memaknai dari kemerdekaan itu sendiri.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...