Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Terkuak…Hanya ada 3 Orang di Dunia yang Dapat Merakit TATP, Satunya adalah Pelaku Bom Mal Alam Sutera

Terkuak…Hanya ada 3 Orang di Dunia yang Dapat Merakit TATP, Satunya adalah Pelaku Bom Mal Alam Sutera

wisnu-
Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengungkapkan kalau Leopard Wisnu Kumala, pelaku bom Mall Alam Sutera, Kota Tangerang adalah orang Indonesia pertama yang berhasil merakit bahan peledak triacetone triperoxide (TATP). Menurut Tito, di dunia ini baru ada tiga kasus yang menggunakan bahan peledak yang termasuk high explosive.

“Bom sepatu pada kasus Richard di Prancis 2001, dia membakar sepatunya,” ujar Tito dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Kamis (29/10).

Selanjutnya adalah bom yang menggunakan TATP juga terjadi di London pada 7 Juli 2005 silam. Pelakunya membawa bom seberat 4,5 kilogram untuk meledakan jaringan transportasi. Empat ledakan terjadi saat bersamaan di 3 jalur kereta bawa tanah dan sebuah bus.

Pada peristiwa itu, sebanyak 52 orang tewas sementara 300 korban lainnya mengalami luka-luka.

Sedangkan di Indonesia, tersangka berhasil meledakan pada 9 Juli dan 28 Oktober 2015 silam yang diletakkan pad toilet. Sebenarnya sebelumnya pada 6 Juli 2015, bom yang diletakan di etalase Food Hall Mall Alam Sutera berhasil diketahui petugas keamanan.

Dikatakan Tito lebih lanjut bahwa bahan peledak TATP sangat tidak stabil. Bila terkena panas 80 derajat celcius dan gesekan mudah meledak.

“TATP yang digunakan pelaku tidak lebih dari 10 gram makanya ledakan tidak besar tetapi cukup membuat kerusakan,” jelas Tito.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...