Home / DUNIA SEKS 18+ / Artikel / Ternyata, Berat Badan Pria Mempengaruhi Sel Sperma

Ternyata, Berat Badan Pria Mempengaruhi Sel Sperma

ilustrasi-sperma_20150907_193126

Berat badan seorang pria ternyata mempengaruhi keturunan mereka. Jika pria punya punya badan gemuk, maka risiko obesitas pada calon anak akan tinggi, dan sebaliknya. Kesimpulan itu disampaikan oleh salah satu penelitian di Denmark.

Sel-sel sperma dari pria yang memiliki tubuh ramping atau ideal dan pria yang bertubuh gemuk, punya tanda epigenetik berbeda. Hal itu dapat mempengaruhi perilaku gen pada si calon anak.

“Wanita hamil memang harus mampu menjaga kandungannya. Namun pada penelitian kami, pria juga berperan penting dalam menentukan kondisi anak nantinya,” tutur Dr Romain Barres, penulis studi, seperti dikutip dari BBC beberapa waktu lalu.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen, yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism, menganalisis bahwa sperma dari enam pria obesitas yang telah menjalani operasi penurunan berat badan mulai dari sebelum, seminggu setelah operasi, dan setahun kemudian.

Barres menuturkan bahwa meskipun pria memiliki gen gemuk, usai melakukan perubahan dengan operasi penurunan berat badan, terjadi perubahan epigenetik pada sel sperma terkait kontrol nafsu makan dan perkembangan otak.

“Sampai kita mengetahui lebih banyak lagi, kedua calon orangtua harus mampu menjaga tubuh mereka sesehat mungkin pada saat merencanakan kehamilan, agar memberi pengaruh kesehatan yang baik pada calon anak mereka,” ungkapnya.

 

 

Baca Juga

Kiai dan Guru Ngaji se-Madura Minta Jokowi Restui Khofifah

Bangkalan – Sekitar 1000 kiai dan guru mengaji se-Madura membubuhkan tanda tangan yang ditujukan kepada ...