Home / Gaya Hidup / Kuliner / Ternyata, Jamur Bisa Jadi Pengganti Daging

Ternyata, Jamur Bisa Jadi Pengganti Daging

Sate Jamur Tiram - Tumis Jamur Tiram
Sate Jamur Tiram – Tumis Jamur Tiram

Aktualpost.com – Inginmengurangi daging, namun tak ingin kehilangan rasa lezat yang ditawarkan oleh daging? Silakan mencoba olahan jamur. Dalam banyak restoran vegetaria n, jamur memang biasa digunakan untuk menggantikan hidangan daging. Anda bisa menikmati bakso atau steak, yang sebenarnya dibuat dari jamur.

Beberapa jenis jamur sudah dibudidayakan sejak 1.000 tahun lalu. Dalam hidangan China, Korea, atau Jepang, jamur juga banyak digunakan. Jamur memang banyak mengandung zat yang bermanfaat, seperti bebas kolesterol, serta kaya serat, vitamin, dan mineral, sehingga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Yang paling penting, jamur memang lezat! Untuk menggantikan daging,

Anda bisa memasukkan jamur dalam hidangan lain, atau membuat olahan jamur yang baru, contohnya seperti dilansir KOMPAS.com:

Bakso jamur. Bakso umumnya dibuat dari daging sapi, ikan, atau udang. Untuk variasi rasa dan gizinya, coba gunakan daging ayam giling, udang, jamur kuping kering, dan irisan sayur seperti wortel dan buncis. Kemudian kailan untuk penambah rasa pada kaldunya.

Bakwan kentang jamur. Bakwan goreng yang berisi jamur shiitake lebih mengenyangkan karena serutan kentang di dalamnya. Citarasanya meningkat berkat tambahan bumbu-bumbu cabai merah, daun ketumbar segar, lada, bubuk oregano, dan parutan keju cheddar. Atau, buat bakwan jamur tiram, yang terbuat dari campuran jamur tiram, wortel, dan brokoli.

Sup krim jamur. Sup krim jamur yang kental dan lezat biasanya disajikan sebagai menu pembuka. Namun hidangan ini juga bisa menjadi comfort food, makanan yang memberikan sensasi kenyamanan setelah mengasupnya. Gunakan jamur kancing segar sebagai pengganti daging asap untuk isiannya.

Pepes sarden jamur. Bosan dengan olahan ikan sarden yang itu-itu saja? Coba tambahkan jamur merang, lalu masak dengan cara dipepes dengan bumbu
bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, lengkuas, daun salam, serai, dan ikat kemangi.

Sate jamur. Ini juga olahan sederhana lainnya. Jamur kancing atau jamur merang bisa dijadikan bahan sate setelah lebih dulu dibumbui tumisan air asam jawa,  kecap manis, lengkuas, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, gula merah, dan daun jeruk.

Omelet kentang dan jamur. Sarapan penting dan tak boleh terlewati. Agar sarapan berselera, siapkan menu sehat bergizi seperti omelet dengan tambahan serutan kentang, jamur champignon segar, susu, dan parutan keju cheddar.

Jamur goreng crispy. Jamur juga bisa digoreng kering begitu saja untuk cemilan atau lauk. Gunakan jamur tiram putih yang disuwir memanjang, lalu goreng dengan adonan tepung terigu protein tinggi, tepung beras, tepung maizena, dan telur, dengan bumbu bawang putih dan lada bubuk. Cocol dengan saus sambal botolan. Yummy!

Perkedel tahu jamur. Perkedel biasanya menggunakan bahan baku kentang, tapi sekali ini coba gunakan tahu putih. Tambahkan cincangan jamur putih, dengan bumbu merica, garam, pala, bawang putih, bawang bombai, dan daun bawang. Goreng dengan adonan tepung terigu, tepung panir putih, dan telur.

Jamur tuna kentang panggang.  Bosan dengan hidangan sayur yang ditumis atau direbus? Coba buat sayur panggang dalam pinggan, yang terdiri atas kentang, ikan tuna, jamur, dan tomat, dengan bumbu lada hitam dan oregano. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celcius selama 15-20 menit atau sampai matang.

Jamur portobello isi. Portobello adalah jamur besar yang berdaging tebal serta memiliki rasa yang lezat. Jadikan jamur ini sebagai mangkuk, lalu tambahkan tempe dan daging cincang, serta bumbu sederhana berupa bawang putih, daun bawang, garam, dan lada, untuk menjadikannya sajian istimewa. Alternatif lainnya adalah jamur isi saus Asia, di mana Anda bisa mengolah jamur shiitake dengan isi ikan tenggiri, udang, dan keju parmesan, lalu disiram dengan saus gaya Asia.

Baca Juga

Setelah Baca Ini, Mungkin Kamu Bisa Makan Burger Gratis Seumur Hidup

Peraturan aneh muncul di restoran burger yang satu ini. Seperti yang diketahui jika Burger merupakan ...