Home / Berita / Nasional / Ternyata, Lagu Hymne Guru Itu Diciptakan Hanya Dengan Siulan!

Ternyata, Lagu Hymne Guru Itu Diciptakan Hanya Dengan Siulan!

Pencita lagu Hymne Guru, Sartono meninggal dunia pada Minggu 1 November 2015.

Sartono Pencipta Lagu Hymne Guru Meninggal Dunia

Ada kisah menarik ketika Sartono menciptakan lagu Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa tersebut. Pada tahun 1980-an, lagu Hymne Guru wajib dinyanyikan di sekolah-sekolah baik tingkat SD hingga SMA di Indonesia. Di kampung halamannya, Sartono yang mempelajari musik secara otodidak menjadi satu-satunya guru seni musik yang bisa membaca not balok.

Saat menciptakan lagu bersejarah itu, Sartono bersiul lalu ditorehkan ke dalam catatan kertas. Maklum saja saat itu alat musik memang masih terbatas. Sartono memulai kariernya sebagai guru seni musik pada tahun 1978. Ia adalah guru di sebuah yayasan swasta yang mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus, Kota Madiun.

Sartono sendiri purnatugas dari sekolah tersebut pada tahun 2002. Walaupun penghasilannya dari pekerjaannya sebagai guru pas-pasan, kecintaannya pada musik membuat Sartono menciptakan beberapa buah lagu. Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional pada tahun 1980, Sartono mengikuti lomba mencipta lagu tentang pendidikan.

Selain lagu Hymne Guru, Sartono juga menghasilkan delapan lagu bertema pendidikan lainnya. Perhatiannya dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya sebagai guru membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo pada saat menciptakan lagu “Hymne Guru”.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...