Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Terpilih 75 Orang Calon Komisioner KY dari Beragam Latarbelakang

Terpilih 75 Orang Calon Komisioner KY dari Beragam Latarbelakang

ky

Sebanyak 75 orang akhirnya dinyatakan lolos seleksi administrasi dari Panitia seleksi (pansel) calon komisioner Komisi Yudisial (KY). Mereka terpilih dari hasil seleksi awal yang berjumlah 81 orang pendaftar.

Menurut Ketua Pansel KY Harkristuti Harkrisnowo,”Komposisi pendaftar yang lulus seleksi itu, yakni 63 orang adalah laki-laki dan 12 orang perempuan.”

Mereka, lanjutnya, berasal dari berbagai macam latar belakang, ada yang mantan hakim (9 orang), akademisi hukum (27 orang), praktisi hukum (26 orang), anggota masyarakat (13 orang).

Sedangkan dari latar belakang akademik, ada 3 orang pendaftar yang memiliki gelar profesor dan 29 pendaftar bergelar doktor.

“Kami berharap mudah-mudahan hasil seleksi juga mengerucut untuk mendapatkan orang-orang terbaik untuk melakukan pengawasan terhadap yudikatif dan melakukan seleksi terhadap para hakim,” ungkap Harkristuti dalam jumpa pers di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (27/5).

Nantinya, seluruh nama calon komisioner KY periode 2015-2020 itu akan dipublikasikan di media massa dan situs Sekretariat Kabinet pada tanggal 29 Mei 2015. Untuk itu, Pansel KY berharap agar masyarakat memberikan masukan atas latar belakang seluruh calon.

“Kami harap ada informasi yang diperlukan oleh pansel, supaya lebih tajam rekam jejak tahap berikutnya,” tuturnya.

Mereka yang terpilih, selanjutnya akan mengikuti tahap seleksi berupa tes obyektif yakni mengisi soal jawaban ganda dan pembuatan makalah, dimana akan dilakukan pada tanggal 10 Juni pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Ke-75 calon yang lolos seleksi tahap pertama ini, dikatakan oleh Harkristuti bahwa telah menyampaikan surat kesiapan untuk melaporkan harta kekayaan, bersedia mundur dari jabatan mereka sebagai pejabat negara, notaris, karyawan, pengusaha, karyawan BUMN dan swasta PNS serta pengurus partai politik.

Sedangkan untuk yang berlatar belakang hakim, mereka diminta membuat pernyataan berhenti dari jabatan hakim serta pernyataan tidak pernah dijatuhi pidana, serta pernyataan mempunyai pengalaman hukum selama 15 tahun.

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...