Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Tidak Terpilih Proyek Kereta Cepat, Ini Curhatan Lengkap Jepang

Tidak Terpilih Proyek Kereta Cepat, Ini Curhatan Lengkap Jepang

kereta cepat china33

Akhirnya pemerintah RI memilih China untuk menggarap kereta cepat Jakarta-Bandung. Terkait hal itu, pemerintah Jepang angkat bicara. Jepang merasa telah ditolak oleh Indonesia dengan mengeluarkan persyaratan tidak ada jaminan dari pemerintah atau APBN. Tetapi, Indonesia akhirnya memilih China dan keputusan ini sangat disesalkan Jepang.

Seperti diketahui bersama, China dan Jepang selama berbulan-bulan berlomba untuk mendapatkan proyek kereta cepat. Menurut Jepang, Indonesia awalnya menawarkan kereta berkecepatan tinggi, namun tiba tiba rencana ini diubah dengan membangun kereta kecepatan menengah dengan biaya yang lebih murah.

China dan Jepang kemudian sama-sama mengajukan proposal baru. Namun, juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga telah bertemu dengan utusan pemerintah Indonesia dan memberitahukan kalau tawaran Jepang telah ditolak.

“Jepang menawarkan kemungkinan usulan terbaik. Utusan Indonesia datang ke sini (Jepang) dan menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik usulan China. Saya tidak mengerti sama sekali. Saya terus terang mengatakan kepada utusan itu sangat disesalkan,” ungkap Yoshihide Suga seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (30/9) lalu.

Ditambahkan olehnya, sulan proposal baru China yang tidak melibatkan pemerintah Indonesia atau secara business to business tidak masuk akal. China berani mengambil proyek tanpa ada jaminan dari pemerintah Indonesia atau APBN.

“Ini adalah usulan proposal yang tidak masuk akal oleh kita,” imbuhnya.

Reputasi Jepang sendiri dalam proyek ini sebenarnya dipertaruhkan sebab mereka telah berhasil membuat kereta cepat kelas dunia. Negara ini dikenal dengan kereta peluru legendaris Shinkansen yang selama puluhan tahun melesat tanpa ada kecelakaan fatal.

Jepang dikalahkan China karena telah membangun ribuan kilometer kereta berkecepatan tinggi dalam 12 tahun terakhir. Namun, standar keselamatan masih kurang sebab adanya kecelakaan pada 2011 silam yang menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai 200 orang lainnya.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...