Home / Berita / Dunia / Tiga Menlu ASEAN Akan Bertemu Bahas Pengungsi

Tiga Menlu ASEAN Akan Bertemu Bahas Pengungsi

pengungsi-rohingya-di-aceh

Ribuan pengungsi Rohingya dan Bangladesh kini berada di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Mereka diselamatkan setelah terombang-ambing di laut lepas. Dunia internasional menyoroti agar ketiga negara tersebut tidak mengusir mereka.

Pemerintah Malaysia, hari Minggu, telah mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia, Indonesia, dan Thailand dijadwalkan bertemu untuk membahas arus pengungsi asal Bangladesh dan Myanmar, yang “membanjiri” perairan Asia Tenggara.

Menlu Malaysia Anifaf Aman dijadwalkan bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi di Kota Kinabalu pada Senin, (18/5) kata pejabat Malaysia, seperti dikutip AFP.

Kemudian pertemuan itu akan diikuti dengan beberapa pertemuan terpisah Anifah dengan Menlu Thailand Tanasak Patimaprogorn dalam beberapa pekan ini.

“Kemungkinan besar hari Rabu,” ungkapnya.

Pejabat Malaysia itu menolak menjelaskan lebih lanjut apakah pertemuan para Menlu tersebut membahas soal krisis pendatang.

Seperti diketahui, sekitar 3.000 pendatang diselamatkan dari laut, dibawa ke darat oleh Malaysia, Indonesia, Thailand selama satu pekan belakangan.

Kedatangan Muslim Bangladesh ke negara-negara Asia Tenggara diyakini terkait erat dengan kondisi yang begitu parahnya kemiskinan di negeri asal mereka. Sedangkan etnis Rohingya dari Myanmar kebanyakan menjadi migran karena etnisnya ditindas oleh pemerintah Myanmar.

 

Baca Juga

Owi/Butet dan Angga/Ricky Lolos ke Empat Besar

Odense – Dua wakil Indonesia lolos ke semifinal Denmark Terbuka Super Series Premier. Mereka adalah ...