Home / Berita / Dunia / Tiongkok Akan Bantu Tangani Kasus Beras Plastik di Indonesia

Tiongkok Akan Bantu Tangani Kasus Beras Plastik di Indonesia

beras plastik 2

Di sela-sela pertemuan menteri perdagangan (Ministers Responsible for Trade Meeting) APEC 2015 di Pulau Boracay, Aklan, Filipina, hari Minggu (24/5), Menteri Perdagangan RI Rachmat Gobel mengadakan pembicaraan bilateral dengan Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Shouwen.

Dalam pertemuan tersebut, Wang berjanji bahwa negaranya akan membantu menangani kasus beras plastik yang beredar di Indonesia.

Hal ini sebagai respon karena kasus beras plastik, yang diduga berasal dari Tiongkok.

Mendag Rachmat Gobel mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia tengah menghadapi permasalahan yang cukup menyita perhatian dengan beredarnya beras yang mengandung plastik di pasar Indonesia, yang diduga berasal dari Tiongkok.

Menanggapi masalah tersebut, Wamendag Tiongkok menyatakan turut prihatin dan menyadari peliknya masalah yang dihadapi Pemerintah Indonesia.

Oleh karena itu, Wang menuturkan kalau Pemerintah Tiongkok berjanji untuk membantu Indonesia mengatasi masalah beras plastik.

Pemerintah Tiongkok, kata Wang, saat ini hanya memberikan izin kepada satu pengusaha BUMN Tiongkok untuk melakukan ekspor beras, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan penelusuran terkait peredaran beras plastik.

Pihak Tiongkok pun berjanji akan menyampaikan hasil penelusuran mereka kepada Pemerintah Indonesia secepatnya.

Pada kesempatan itu, Wamendag Wang juga menyatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra strategis bagi perdagangan Tiongkok.

 

 

 

 

Baca Juga

Kisah Katana Maut Warisan Sayuto, Jagal Tentara Jepang di Semarang

Semarang – Suasana mencekam dan penuh darah pertempuran 5 hari di Semarang masih teringat jelas ...