Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Tiongkok Memangkas Suku Bunga Ketiga Kalinya.. Panik ?

Tiongkok Memangkas Suku Bunga Ketiga Kalinya.. Panik ?

Hampir sama dengan di Indonesia, negeri tirai bambu ini memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya dalam enam bulan terakhir, dalam upaya untuk menurunkan biaya pinjaman dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Analis mengharapkan dengan diturunkan suku bunga akan berpengarus luas dan dapat meningkatkan pertumbuhan. Diharapkan dalam beberapa bulan mendatang akan ada penurunan bunga pinjaman lagi untuk menghadapi ekonomi yang melambat, yang dialami oleh negeri dimana ekonominya terbesar kedua di dunia.

Bank Sentral Tiongkok (PBOC) mengatakan di situsnya, telah menurunkan acuan suku bunga pinjaman sebesar 25 basis poin menjadi 5,1 persen dari 11 Mei 2015. Kemudian memotong suku bunga deposito acuan dengan jumlah yang sama menjadi 2,25 persen.

“Perekonomian Tiongkok masih menghadapi tekanan relatif besar,” kata pejabat PBOC.

Sementara itu PBOC mengakui kesulitan yang dihadapi perekonomian Tiongkok adalah adanya keseimbangan antara mendukung pertumbuhan dan melakukan reformasi secara struktural.

Penurunan suku bunga selama ini diindikasikan belum dirasakan manfaatnya oleh ekonomi riil. Beberapa data menunjukkan bank tidak memberikan tingkat bunga yang lebih rendah untuk peminjam dan kredit masih belum mengalir ke sektor yang paling membutuhkan dana.

“Efektivitas penurunan suku bunga tidak besar pengaruhnya ,” kata Li Qilin, ekonom di Minsheng Securities. “PBOC telah memangkas suku bunga acuan total 65 basis poin, tetapi bunga pinjaman hanya turun sedikit.”

Bank telah merasakan kondisi dimana pemberian pinjaman melambat, kredit macet menumpuk, dan keuntungan margin yang semakin tipis karena Tiongkok telah meliberalisasi pasar suku bunga. Berdasarkan Laporan, pendapatan bank bulan lalu menunjukkan adanya pertumbuhan laba namun baru mencapai titik terendah dalam enam tahun pada kuartal pertama.

PBOC mengharapkan bank untuk tidak membayar bunga tabungan dan simpanan berjangka melebihi ketentuan yang diizinkan oleh pemerintah.

Ekonom pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa awal bulan ini pemerintah mungkin akan meningkatkan pengeluaran negara untuk menopang pertumbuhan, dengan harapan bahwa kebijakan fiskal akan bekerja sementara kebijakan moneter belum berjalan. “Setidaknya tingkat bunga bisa diturunkan menjadi 2 persen dan kami berharap perekonomian dalam dua kuartal mendatang akan lebih stabil dan meningkat.”

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...