Home / Berita / Tiongkok Xi Jinping dan Taiwan Eric Chu dalam pembicaraan tingkat tinggi

Tiongkok Xi Jinping dan Taiwan Eric Chu dalam pembicaraan tingkat tinggi

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan pembicaraan dengan pemimpin partai berkuasa Taiwan (04 Mei 2015), dalam pertemuan tingkat tinggi antara dua negara setelah enam tahun vakum.

Eric Chu, Ketua Partai Kuomintang (KMT), mengatakan menjelang pertemuan di Beijing berharap mereka akan dapat melanjutkan upaya perdamaian.

Hubungan antara Tiongkok dan Taiwan meningkat secara signifikan sejak terjadi perang saudara pada beberapa dekade lalu yang memisahkan Tiongkok dan Taiwan.

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai sebuah propinsi yang awalnya terpisah namun akhirnya kembali.

Namun Partai KMT mengalami penurunan popularitas dan mendapatkan banyak protes di dalam negeri dan dijuluki “ Gerakan Bunga Matahari”, atas langkahnya untuk dekat dengan Partai Komunis Tiongkok.

Pada bulan Maret tahun lalu, ratusan mahasiswa menduduki parlemen selama seminggu untuk berdemonstrasi melawan pakta perdagangan yang di tanda tangani KMT dengan Tiongkok. Ribuan orang berunjuk rasa menolak Tiongkok daratan.

Perolehan suara Partai KMT merosot drastis dalam pemilu lokal November lalu dan Presiden Ma Ying-Jeou mundur sebagai ketua partai dan di gantikan oleh Chu.

Baca Juga

Asal-Usul Kaki Valentino Rossi Suka Turun Saat di Tikungan

Jakarta – Pastinya bagi para penggemar pebalap MotoGP Valentino Rossi sering memperhatikan idolanya itu menurunkan ...