Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Tips Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

Tips Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi (beautytreats.co.id)
Ilustrasi (beautytreats.co.id)

Aktual Post – Hari ini tepat tanggal 10 juli 2013, umat muslim di seluruh indonesia dengan serempak menjalankan ibadah puasa. Selain menjadi kewajiban bagi mereka yang mampu menjalankannya, dengan berpuasa kita sebagai umat muslim juga akan lebih bisa menghargai kehidupan.

Puasa sendiri identik dengan tidak boleh makan dan minum, dan itu artinya kita juga tidak bisa menggosok gigi dan berkumur pada saat menjalankan ibadah puasa. Alhasil selain merasakn lapar sambil menahan dahaga, mulut pun akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Dan pastinya jika sudah begitu, kita pun akan semakin kurang percaya diri untuk berhadapan dengan orang banyak, bahakan hanya untuk berkomunikasi dengan teman sekantor pun rasanya akan sangat berat untuk dilakukan.

Bau mulut sendiri bukan hanya disebabkan adanya sisa makanan yang menempel pada gigi, namun bisa juga disebabkan oleh apa yang kita makan. Misalkan pada saat sahur anda meakan pete, pasti nantinya nafas anda akan berbau tidak sedap.

Karenya, selain menyikat gigi pada saat berbuka puasa dan sahur, ada beberapa hal yang patut anda lakukan agar nafas tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Yang pertama adalah meminum air putih dalam jumlah banyak pada saat sahur dan buka, tujuannya untuk membersihkan rongga mulut dari bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu, dengan meminum air putih yang cukup juga akan memperbanyak produksi saliva (air liur). Sehingga nafas pun menjadi tidak bau, karena air liur sendiri dapat berperan sebagai penetralisir bau mulut.

Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah memperhatikan apa yang akan anda makan, usahakan makan makan yang tidak dapat mimbulkan bau mulut seperti Pete. Selain itu, makan lah buah – buahan pada saat sahur dan berbuka untuk menyegarkan nafas, khususnya buah apel.

Kurang lebih begitulah cara menjaga kesegaran nafas pada saat puasa, sehingga nantinya tidak akan menimbulkan bau mulut. Jadi kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang, tanpa merasa terganggu dengan adanya bau mulut yang tidak sedap.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...