Home / Berita / Nasional / Tips Aman Meninggalkan Kendaraan di Rumah saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Kendaraan di Rumah saat Mudik Lebaran

Tips Meninggalkan Kendaraan di Rumah saat Mudik Lebaran
Ilustrasi

Aktual Post – Kumpul bersama keluarga menjelang Lebaran memang sudah menjadi ritual dalam menjalin silahturahmi. Pun halnya ada beberapa cara untuk pergi mudik lebaran. Ada yang menggunakan kendaaraan pribadi, dan ada juga yang menunggangi transportasi umum.

Bagi yang memutuskan pergi mudik dengan mengandalkan transportasi umum, maka semestinya kendaraan yang Anda tinggal di rumah patut diberikan perawatan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari aksi kejahatan sekaligus tinggal terawat. Berikut ini Anda bisa menyimak tips tinggalkan kendaraan saat mudik lebaran dari Polda Metro Jaya.

Pertama, upayakan untuk mengosongkan bahan bakar kendaraan Anda. Ada dua hal maksud mengapa Anda disarankan untuk melakukan hal itu. Yakni agar kendaraan terhindar dari kebakaran dan juga meminimalisir terjadinya pencurian, dalam artian apabila bahan bakar dikosongkan maka pencuri akan kesulitan untuk membawa pergi.

Kedua, cabut atau putus hubungan kabel aki dari terminal. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pemborosan akibat terbuangnya daya aki secara percuma. Terkadang walaupun kendaraan telah mati, tetap masih ada aliran yang terhubung secara sistematis sehingga mengakibatkan daya aki menurun dan lama-kelamaan akan habis.

Ketiga, pada kendaraan roda empat pastikan untuk mengganjal seluruh roda, dengan tujuan agar ban melayang sehingga tidak menerima tekanan kendaraan. Sebab, apabila hal itu terjadi, maka akan mengakibatkan tekanan udara berkurang dan berpotensi ban rusak. Sementara pada kendaraan roba dua, upayakan untuk memposisikan motor dengan metode standar tengah. Hal ini agar tidak terjadi beban kendaraan yang terlampau berat sehingga akan berpotensi merusak suspensi.

Keempat, pastikan kendaraan Anda dalam keadaan terkunci semua, kalau perlu tambahkan kunci-kunci alternatif sebagai pengaman tambahan seperti gembok atau kunci stir.

Kelima, simpan kunci kendaraan Anda di tempat yang aman. Karena apabila terjadi pencurian, maka pencuri akan kesulitan untuk mendapatkan kunci kendaraan Anda. Selain itu, usahakan untuk selalu memperhatikan bahwa garasi kendaraan tertutup dan terkunci rapi.

Keenam, ditujukan untuk memungkinkan kondisi kendaraan terawat, sebaiknya cuci dan bersihkan terlebih dahulu kendaraan Anda. Pastikan juga bagian mesin dan bodi juga dibersihkan untuk menghindari rusak karat.

Terakhir, jangan lupa memberitahu kepada pihak keamanan setempat serta tetangga dekat yang tidak mudik bahwa Anda meninggalkan kendaraan di rumah.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...