Home / Gaya Hidup / Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Siswa sedang belajar Siswa sedang belajar di dalam kelas (smpn2payakumbuh.sch.id)
Siswa sedang belajar Siswa sedang belajar di dalam kelas (smpn2payakumbuh.sch.id)

Sebentar lagi musim liburan akan segera usai, bagi mereka yang telah lulus dari sekolah lamanya tiba lah saatnya mencari sekolah baru. Dan disinilah peranan orang tua sangat dibutuhkan, sebab jika salah dalam memilih sekolah nantinya dapat berujung pada hal yang tidak diinginkan, seperti anak menjadi malas pergi ke sekolah.

Untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak memang gampang – gampang sulit, karena biasanya keinginan antara orang tua dan anak pasti akan berbeda. Misal orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah A, namun si anak malah ingin bersekolah di sekolah B.

Jika kejadiannya sudah seperti itu, pastinya yang akan menjadi korban adalah si anak. Karena bila orang tua memaksakan keinginannya, dan si anak tidak suka dengan sekolah yang dipilihkan oleh ruang tuanya pasti akan berakibat buruk. Semisal anak sering bolos sekolah, menurunnya prestasi anak, dan bisa juga si anak tidak mau melanjutkan sekolahnya.

Langkah terbaik untuk menyikapi permasalahan tersebut, anda sebagai orang tua hendaknya mengetahui betul dimana hobi serta kemampuan anak anda. Misal si anak suka memainkan komputer, maka akan lebih baik jika disekolahkan pada sekolah kejuruan komputer. Selain anak dapat meningkatkan kemampuannya pada bidang tersebut, prestasi si anak pun pasti akan lebih meningkat dari sebelumnya.

Pada intinya, untuk mendapatkan sekolah yang tepat dan terbaik untuk anak adalah dengan mencarikannyasekolah sesuai kemampuan dan hobi mereka. Sehingga anak akan benar – benar serius menjalaninya, serta dapat lebih menonjolkan keahlian yang dimilikinya.

Baca Juga

Tips Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak “Prengus”

Hari Kamis (24/9) umat muslim di tanah air akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau ...