Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Tips Mempersiapkan Kehamilan Sehat

Tips Mempersiapkan Kehamilan Sehat

KehamilanKehamilan adalah sebuah anugerah yang indah buat seorang perempuan. Kehamilan sehat perlu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum terjadinya kehamilan. Menjaga kesehatan calon ibu ternyata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan calon ibu selama kehamilan.

Ada sejumlah tindakan yang bisa memperbesar kemungkinan untuk segera hamil.

1. Lakukan Check Up
Sebelum berusaha hamil, lakukan check up. Dokter akan memberi vitamin prenatal yang berisi asam folat.

2. Hidup Sehat
Olah raga memang menyehatkan namun ketika berusaha hamil, jangan olah raga berlebihan. Olah raga berlebihan bisa menghentikan perintah kelenjar pituari kepada ovarium untuk berovulasi. Kalau biasa berolah raga hard core, ganti olah raga jadi lebih ringan dan dosisnya lebih sedikit. Misalnya jalan kaki tiga kali seminggu. Calon ibu juga sebaiknya memperhatikan pola makan.

3. Hindari rokok, alkohol dan narkoba
Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alcohol dan memakai narkoba memang sulit diatasi namun ingin hamil tentu bisa jadi motivasi menghentikan semuanya.

4. Periksa obat-obatan
Obat-obatan yang dibeli bebas di warung, suplemen, herbal juga mungkin tidak bersahabat untuk perempuan yang ingin hamil. Konsultasikan obat-obatan yang biasa diminum dengan dokter, bidan atau apoteker bila ingin hamil.

5. Kenali siklus haid
Kuncinya ada di pendidikan seks. Wanita perlu mengerti siklus haid dan kapan mereka bisa hamil. Salah satu cara mengetahui saat ovulasi adalah keluarnya cairan seperti lendir yang agak berair. Saat keluarnya lendir itulah waktu terbaik untuk berhubungan seks.

Buat wanita yang sudah lama menggunakan pil KB, tidak perlu takut untuk mencoba hamil. Ada kepercayaan wanita harus menunggu sejenak setelah berhenti memakai pil untuk hamil. Ini tidak lagi betul. Anda bisa mencoba hamil segera setelah berhenti memakai pil KB.

6. Posisi terbaik
Ada sejumlah mitos yang mengatakan posisi terbaik untuk hamil. Ternyata tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan posisi missionary lebih baik dari woman on top untuk memaksimalkan terjadinya kehamilan.

7. Berbaring setelah berhubungan
Mungkin Anda pernah mendapat nasihat untuk berbaring dengan kaki diangkat ke atas setelah berhubungan seks agar cepat hamil. Selain itu jangan pergi ke kamar mandi setelah berhubungan seks. Jika menunggu selama 10 hingga 15 menit, sperma yang sedang berjalan ke leher rahim akan berada di leher rahim.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...