Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

ilusrasi ibu hamil (photobucket.com)
ilusrasi ibu hamil (photobucket.com)

Aktual Post – Seusai menikah, rencana pasangan suami istri kedepannya adalah memiliki seorang momongan. Namun sebelum hal itu terwujud, pastinya sang istri harus mengandung sang cabang bayi selama sembilan bulan lamanya. Di masa kehamilan inilah yang membutuhkan penanganan ekstra, tentunya supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan.

Dalam beberapa kasus, khususnya wanita yang hamil muda kebanyakan kurang bisa menjaga kesehatannya. Hasilnya pun cukup mengecewakan, saat usia kandungannya masih berumur 1-2 bulan terpaksa harus digugurkan karena sering mengalami pendarahan.

Keguguran pada ibu yang hamil muda dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah stres. Untuk itu, berikut ini telah kami rangkumkan beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil muda, termasuk tips agar tidak sampai pendarahan dan keguguran.

1. Yang pertama patut diwaspadai oleh ibu yang sedang hamil muda adalah rasa stres, jika banyak pikiran yang berujung pada rasa tidak tenang (stres) wanita yang sedang hamil muda sangat renta sekali mengali keguguran. Karenanya, usahakan agar anda yang sedang hamil muda tidak banyak pikiran, dan akan lebih baik bila ada suatu permasalahan cepat diselesaikan.

2. Berikutnya adalah olahrga, seorang wanita yang sedang hamil muda boleh saja berolahraga. Namun yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraga yang dilakukan, jangan sampai anda yang sedang hamil muda berolahraga lari. karena sudah pasti akan membahayakan kandungan anda, olahraga yang masih bisa dilakukan ibu hamil misalnya pemanasan dasar di tempat seperti peregangan tangan dan kaki.

3. Saat seorang wanita sedang hamil, dirinya juga harus pintar – pintar menjga asupan yang masuk ke tubuhnya. Sebab ia tidak juga perlu memberikan nutrisi pada si cabang bayi, dan akan lebih baik bila pola makannya mengikuti anjuran dokter. Yakni meminum susu untukibu hamil, memperbanyak makan buah dan sayur, dan jangan sampai terlambat makan.

4. Saat hamil memang wanita suka dengan makanan yang asam  asam, namun jangan sampai berlebihan. Sebab asam yang terlalu banyak masuk ke  tubub pada ibu yang sedang hamil muda dapat membuat kandungan tidak sehat, bahkan bisa keguguran. Salah satu conoh buah yang patut diwaspadai atau jangan di makan saat hamil muda adalah nanas, karena buah yang satu ini memiliki kandungan asam yang tinggi.

5. Yang terakhir adalah jangan mengangkat sesuatu yang berat – berat, pastikan saat anda hamil muda anda tidak melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra. Disamping itu, pastikan juga kegiatan yang anda lakukan tidak akan memberikan tekanan pada perut anda, sebab usia kandungan yang masih muda rentan sekali keguguran karena tekanan dan benturan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...