Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Tips Menyembuhkan Pilek Anak-Anak Secara Alami

Tips Menyembuhkan Pilek Anak-Anak Secara Alami

Pilek pada anak

Perubahan cuaca tidak tentu seperti sekarang ini membuat tubuh anak-anak rentan terkena sakit pilek dan batuk. Ketahanan tubuh anak-anak tidak seperti orang dewasa yang jauh lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan. Anak-anak menjadi cukup menderita saat pilek datang sehingga mengganggu jalan pernapasan mereka.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa pengobatan alami ala rumahan yang bisa diterapkan. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Menghirup uap hangat. Ini sangat efektif ketika hidung sedang tersumbat. Tuangkan air panas ke dalam baskom, lalu hirup uapnya dengan meletakkan kepala di atasnya selama 10-15 menit. Tutupi kepala dengan handuk agar uap dapat menuju ke arah hidung. Bisa juga menambahkan minyak kayu putih agar napas segera lancar kembali.
  2. Madu. Selain berguna untuk menenangkan batuk di malam hari, madu juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Virus akan terusir dengan sendirinya ketika kekebalan tubuh meningkat. Untuk anak-anak, minum dua atau tiga kali sehari sebanyak satu sendok teh.
  3. Pemijatan. Bagi anak-anak yang terkena flu, pijatan membantu pemulihan pilek. Gunakan minyak kayu putih untuk melumasi selama memijit pada punggung, dada, maupun leher. Bisa juga dengan menambahkan bahan herbal lain seperti tumbukan bawang merah dan kencur sebagai campuran minyak kayu putih.
  4. Selalu cukupi kebutuhan cairan. Saat anak mengalami bersin dan batuk, usahakan tubuh selalu terhidrasi. Minum air secara cukup membantu melawan pilek dan peradangan di tenggorokan. Bisa juga cairan diberikan dalam bentuk sup hangat.
  5. Berkumur dengan air garam hangat. Kadang pilek disertai dengan sakit pada tenggorokan. Gunakan larutan garam yang diseduh dengan air hangat untuk berkumur. Larutan ini dapat melawan bakteri yang bersarang di tenggorokan.
  6. Minum susu yang dicampur kunyit. Kunyi memiliki sifat antiseptik. Bahan tersebut efektif melawan penyebab pilek dan batuk. Minum dengan teratur agar penyakit segera enyah.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...