Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Artikel Kesehatan / Tips Sehat…Kalau Terjebak Macet, Sebaiknya Jendela Mobil di Buka atau Tutup sih..? Ini Penjelasannya

Tips Sehat…Kalau Terjebak Macet, Sebaiknya Jendela Mobil di Buka atau Tutup sih..? Ini Penjelasannya

gerbang-palimanan666

 

Saat ini lagi musim mudik karena perayaan Hari Raya Idul Fitri. Sambut perayaan itu, tidak sedikit umat Islam tanah air melakukan tradisi pulang kampung. Mereka berbondong-bondong melakukan perjalanan memakai kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Nah, beberapa hari lalu ada berita soal kemacetan yang parah di Brebes, Jawa Tengah. Walau tidak terkait langsung, tapi ada belasan pemudik yang meninggal dunia. Dampak dari kemacetan seperti kelelahan diduga menjadi pemicu gangguan kesehatan yang memperparah penyakit khusus yang sudah diderita sehingga menyebabkan kematian.

Memang ada situasi dilematis kadang dihadapi para pemudik yang terjebak macet selama berjam-jam. Menutup jendela rapat-rapat dapat membuat mereka kehabisan oksigen, sementara kalau membuka jendela bakal membiarkan emisi gas buang kendaraan masuk ke kabin.

Ya, emisi gas buang kendaraan bermotor mengandung karbon monoksida (CO) sangat beracun. Gas ini mengikat molekul hemoglobin (Hb) dengan sangat kuat sehingga darah tidak mampu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu kebanyakan mesin kendaraan tetap menyala saat kondisi jalan macet, maka lebih disarankan menutup jendela mobil.

“Pada saat kemacetan, bila menggunakan kendaraan mobil, disarankan untuk tetap berada di dalam kendaraan mobil asalkan tidak ada kebocoran gas ke dalam ruang kabin kendaraan,” demikian seperti dikutip dari sebuah artikel yang dimuat di rsuppersahabatan.co.id.

Lebih lanjut dikatakan, tutup jendela dan pintu kendaraan mobil untuk mengurangi masuknya asap polusi dan partikel ke dalam kendaraan. Nyalakan AC dengan mode recirculate, jangan mode outdoor circulate yang mengambil udara dari luar.

“Bila terjadi kemacetan total dan udara di luar tidak panas, matikan mesin mobil untuk mengurangi polusi udara di sekitar kemacetan,” demikian saran artikel itu.

Ditambahkan pula, hindari menambah bahan polusi udara yang dapat masuk ke dalam tubuh misalnya tidak merokok.

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...