Home / Berita / Nasional / Tito Karnavian Bantah Bantu Menangkan Jokowi-JK di Papua Saat Pilpres 2014, ini Penjelasannya

Tito Karnavian Bantah Bantu Menangkan Jokowi-JK di Papua Saat Pilpres 2014, ini Penjelasannya

tito karnavian

‎Calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian membantah ikut berkontribusi dalam kemenangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) di Papua ketika Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 lalu. Adapun tudingan itu pernah disampaikan sala satu Anggota Komisi III DPR

Tito menegaskan bahwa Polri objektif dan netral dalam pengamanan Pilpres 2014, termasuk dirinya yang saat itu menjabat Kapolda Papua.

“‎Nama saya disebut karena saya kontribusi untuk kemenangan Presiden Jokowi. Saya klarifikasi ke Pak Prabowo juga, pada saat Pemilu di sana sistem sudah sangat bagus,” papar Tito dalam ‎uji kelayakan dan kepatutan terhadapnya sebagai calon Kapolri di Ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6).

Menurutnya, sistem ‎dibangun Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilpres 2014 sudah bagus, sehingga tidak dimungkinkan untuk melakukan kecurangan.

Terlebih, sambungnya, setiap partai politik pun melakukan pendampingan penyelenggara Pemilu dengan melakukan pencatatan yang pengiriman datanya dilakukan secara online.

“Kabupaten langsung online KPU. PPS kelurahan, kecamatan, kabupaten langsung online sudah masuk. Semua partai, semua mencatat dan menggunakan sistem online masing masing. Hampir tak mungkin ada intervensi macam-macam untuk Polri di Polda Papua, kita objektif netral,” jelasnya.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...