Home / Berita / Topan Kembali Menghantam Filipina

Topan Kembali Menghantam Filipina

Minggu (10/5/2015) , kembali terjadi Topan Noul di Filipina yang membuat lebih dari 10,000 penumpang terdampar di pelabuhan laut dan udara karena kegiatan transportasi di kedua pelabuhan tersebut dihentikan sampai situasi dinyatakan aman.

Seperti diberitakan Reuters, Minggu (10/5/2015), kekuatan Topan Noul mencapai 170-205 km/jam saat melintasi wilayah utara tepatnya di provinsi penghasil beras, Isabela dan Cagayan sekitar 400km utara Manila.

Kekuatan topan menyusut mencapai setengah dari yang diprediksikan oleh badan cuaca, yang awalnya diperkirakan akan memiliki diameter 150 km, dan menyebabkan gelombang setinggi 1,5 meter di laut.

“Kemungkinan hanya melintasi negara itu namun dengan angin kencang,” ujar pejabat badan cuaca Filipina Fernando Cada.
Awalnya badan Risiko Badai Tropis di Inggris memberitahukan bahwa topan tersebut bisa berkembang ke kategori lima hanya tidak melintasi propinsi Filipina langsung menuju ke perairan Jepang.

Maskapai Cebuk Pacific membatalkan sekitar enam penerbangan domestik ke utara Filipina karena Topan Noul, sehingga lebih dari 10,000 penumpang transportasi udara dan laut serta 1,000 lebih kapal berdampat di banyak pelabuhan negara itu.

Filipina memang sering kali terjadi topan, dan tercatat sudah sekitara 20 topan melintasi Filipina setiap tahunnya.

Bencana topan terbesar terjadi di tahun 2013 saat topan Haivan berkategori 5 menghantam Filipina dan menewaskan lebih dari 8,000 orang dan membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Baca Juga

Lukaku yang Terus Tajam Bersama MU

Southampton – Romelu Lukaku terus unjuk ketajaman bersama Manchester United. Produktivitas gol pemain asal Belgia ...