Home / Berita / Dunia / Tragis..Latihan Perang, Kapal Amerika Serikat Justru Terbakar Kena Rudal Sendiri

Tragis..Latihan Perang, Kapal Amerika Serikat Justru Terbakar Kena Rudal Sendiri

Tragis..Latihan Perang, Kapal Amerika Serikat Justru Terbakar Kena Rudal Sendiri

Alih-alih melakukan latihan perang, kapal Amerika Serikat justru terbakar karena terkena rudalnya sendiri. Chris Johnson yang merupakan juru bicara Naval Sea System Command, mengungkapkan insiden ini terjadi pada 18 Juli 2015 lalu.

Kronologinya berawal ketika kapal perang Angkatan Laut AS, USS The Sullivan melakukan latihan di lepas pantai Virgnia. Hanya saja kapal terbakar setelah rudal ditembakan. Meski insiden terjadi 18 Juli 2015 lalu, namun baru diungkapkan ke publik kamis 23 Juli lalu.

“18 Juli pukul 09.00 pagi saat melakukan latihan tes misil, rudal meledak karena tidak berfungsi dengan baik. Kapal sempat terbakar namun awak berhasil memadamkan dengan cepat. Beberapa bagian mengalami kerusakan kecil. Investigasi sedang berlangsung” tegas Chris Johnson, seperti dikutip dari USNIorg.

The Sullivans hanya mengalami kerusakan kecil dan dapat kembali ke pangkalan tanpa insiden apapun. Beruntung tidak ada korban jiwa satu pun dan awak kapal tersebut berhasil memadamkan api.

Kapal perang penghancur The Sullivans ini dinamakan lima bersaudara Sullivan yang  berjasa kepada Angkatan Laut AS selama perang dunia kedua. Kelima bersaudara ini berada dalam satu kapal, USS Jeneau, mereka tewas dalam pertempuran sementara kapal perang tersebut karam di bulan November 1942.

Dalam catatan insiden yang sama pernah terjadi  tahun 1969, saat itu motor roket MK-32 Zuni yang dibawa USS Enterprise mengalami panas berlebih hingga meledak dan terbakar. Namun insiden tahun 1968 itu membunuh 27 personel. Semenjak saat itu, misil angkatan laut AS menggunakan rudal padat untuk menghindari kecelakaan akibat misil cair yang bisa mengalami beban panas berlebih.

Baca Juga

Kurir Sabu Antar Provinsi Dibekuk di Medan, 3 Kilogram Sabu Disita

Medan – Polisi membekuk dua orang kurir sabu antarprovinsi di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dari ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    duch kaciiianN.. Met Sore aja dech Video Aneh

    ckckckck