Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Trik Pemerintah Agar di Papua Harga Semen Tidak Rp 1 Juta

Trik Pemerintah Agar di Papua Harga Semen Tidak Rp 1 Juta

semen

Wilayah Indonesia yang terdiri dari kepulauan ternyata membawa dampak pula terutama dari segi perekonomian. Harga satu barang di sebuah pulau, bisa berbeda dengan harga di pulau lainnya. Makanya Presiden Joko Widodo sempat melontarkan pernyataan bahwa harga semen di Papua bisa melonjak hingga Rp 1 juta per sak semen sementara kalau di Jawa harganya tidak segitu.

Kala itu, Jokowi menyebut, mahalnya semen di Papua karena biaya transportasi yang mahal dari Jawa atau sentra semen di Indonesia bagian barat menuju ke Papua.

Oleh karena itu, berangkat dari pernyataan presiden itulah kemudian Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melakukan penyelidikan.

Menko Maritim Indroyono Soesilo menuturkan, saat diselidiki oleh timnya, ternyata harga semen di Jayapura belum lah melonjak tajam. Bila dibandingkan, katanya, harga semen di Jakarta sebesar Rp 50 ribu, sedangkan di Jayapura seharga Rp 80 ribu per sak. Harga mulai mahal, ketika sudah sampai di daerah pelosok seperti Wamena.

“Artinya yang bikin mahal itu dari Jayapura sampai ke Wamena,” ungkap Indroyono, di kantornya, Jakarta.

Sadar akan hal itu, Indroyono memiliki ide untuk mencharter pesawat Hercules milik TNI AU yang mampu mengangkut muatan hingga 13,5 ton atau 13.500 kilogram. Seandainya semen dari Jayapura ke Wamena diangkut dengan menggunakan Hercules ini maka, ongkos angkutnya sekitar Rp 150.000 per sak.

Kalau ide ini terealisasi, maka harga semen di Wamena tidak akan mencapai Rp 1 juta per sak, tetapi hanya Rp 250.000 per sak.

“Ini mau saya coba,” jelas Indroyono.

Lalu, siapa yang menanggung ongkos angkut dengan Hercules?

Menteri Indroyono menegaskan tentunya pihak swasta yang menanggung. Akan tetapi, kemungkinan pemerintah akan menanggung di awalnya.

Jika ide ini berjalan, lanjutnya, setidaknya masalah semen di Papua yang mahal bisa teratasi.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...