Home / Berita / Nasional / Tsunami Chile Ancam 115 Lokasi Kabupaten/Kota Indonesia di 19 Propinsi

Tsunami Chile Ancam 115 Lokasi Kabupaten/Kota Indonesia di 19 Propinsi

Tsunami

Imbas gempa bumi Chile, tsunami juga mengancam sejumlah wilayah di Indonesia. Setidaknya, menurut data dari Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG, ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi yang berpotensi tsunami.

Seperti diketahui, gempa bumi berskala besar 8 SR mengguncang Chile di kedalaman 10 km di Pantai Utara Chile atau 240 barat Laut Bombay India, pada Rabu (02/04/14) pukul 06.46 WIB. Akibatnya, gelombang tsunami setinggi 1,92 meter menerjang pesisir Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika, serta Nikaragua.

BMKG berikan peringatan dini ke BNPM terkait 115 lokasi yang berpotensi tsunami. Tinggi tsunami 0 – 0,5 meter. Sedangkan waktu kedatangan, hari ini, Kamis (03/04/14) mulai pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB.

Humas BNPB Sutopu Purwo Nugroho mengatakan jika wilayah yang berpotensi tsunami yakni daerah di pesisir di Pantai Papua. Wilayah tersebut seperti Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, dan Supiori. Wilayah lain juga miliki potensi yang sama.

Seperti di Malut, Maluku, Papua Barat, Banten, Jatim, DIY, Jateng, Jabar, Lampung, NTB, NTT, Bali, Sulawesi, dan Kaltim. Potensi tsunami dengan ketinggian 0 – 0,5 meter dengan waktu yang bervariasi. Untuk wilayah yang berpotensi tsunami bisa diakses informasinya di bnpb.go.id.

BNPB himbau masyarakat untuk tenang dan senantiasa waspada serta sebisa mungkin jauhi pantai. Hingga saat ini belum ada intruksi pengungsian. Chile sendiri salah satu negara dengan ancaman gempa aktif. Februari 2010, gempa berkekuatan 8,8 SR guncang kawasan tengah dan selatan.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...