Home / Berita / Nasional / Tsunami Chile Tiba di Indonesia Hari Ini, Efek Merusak Pantai Kecil

Tsunami Chile Tiba di Indonesia Hari Ini, Efek Merusak Pantai Kecil

Pantai

Tsunami Chile, hari ini, Kamis, 3 April 2014, diperkirakan sampai di Indonsia. Data dari Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 115 lokasi kabupaten/kota di 19 provinsi berpotensi diterjang tsunami dengan ketinggian hingga setengah meter.

“Status 115 daerah itu adalah Waspada, agar segera mengarahkan warga menjauhi pantai dan tepian sungai,” kata Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Selain kawasan Indonesia Timur, sejumlah wilayah lain miliki status waspada. Seperti Jawa Timur, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Kalimantan Timur. Namun, menurut Abdul Muhari, peneliti Indonesia di International Research Intitute of Disaster Science (IRIDeS), Jepang, peringatan tsunami Chile BMKG dan BNPB terlalu lebay.

“Respons kewaspadaannya mungkin bagus, tetapi kalau sampai Malang (Jawa Timur) juga dikenai status waspada tsunami Cile, itu kurang tepat,” terangnya.

Ia menambahkan, hanya daerah di Indonesia Timur seperti Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara, yang wajib waspada kiriman tsunami Chile. Ahli tsunami dari Amalgamated Solution and Research (ASR) Gegar Prasetya senada dengan Muhari.

Menurutnya, harus diperjelas mana wilayah waspada dan mana yang tidak. Sehingga, jangan semua wilayah dipukul rata status “waspada”. Dalam pada itu, ia berujar jika kecil kemungkinan tsunami kiriman akan berikan efek merusak pantai.

“Skala gempanya tidak terlalu besar, dan arah energinya tidak ke Indonesia,” ucapnya.

Sedangkan untuk wilayah yang paling berpotensi miliki dampak tinggi adalah Papua dengan catatan, tinggi gelombang maksimal (0,5 meter) serta bersifat osilasi lokal atau gelombang berdiri bukan horizontal yang merusak.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...