Home / Berita / Turki Minta Tutup 9 Sekolah di Indonesia, Mendikbud Tegaskan : Kita Tidak Akan Tutup

Turki Minta Tutup 9 Sekolah di Indonesia, Mendikbud Tegaskan : Kita Tidak Akan Tutup

tolak permintaan turki

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menolak permintaan dari Pemerintah Turki supaya Indonesia menutup sembilan sekolah yang diduga terkait Fethullan Gulen.

Seperti diketahui kalau Fethullah Fulen merupakan sosok yang disebut Pemerintah Turki sebagai otak di balik upaya kudeta beberapa waktu lalu.

“Soal dengan Turki, urusannya Bu Menlu. Bu Menlu urusan Turki, saya urusan sekolah,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (1/8)

Diakui oleh Muhajir, dirinya sudah mendengar protes pihak sekolah yang diminta Turki untuk ditutup. Ia mengungkapkan pihak sekolah merasa sangat marah dengan pernyataan pemerintah Turki.

Muhajir menilai permintaan Tukri yang menginginkan agar sembilan sekolah di Indonesia ditutup sebagai sesuatu yang konyol. Apalagi, lanjutnya, menuding sekolah itu mengajarkan paham terorisme.

“Enggak ada sama sekali tanda-tanda kekerasan, tanda-tanda teror di sana, ndak ada itu. Jadi saya jamin 100%, kita tidak akan tutup‎,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Muhajir, tidak ada uang yang mengalir dari Turki untuk kegiatan di sekolah-sekolah itu. Dia menjelaskan ‎sejak tahun 2015 yayasan atau pendidikan di Indonesia sudah memutus kerja sama dengan Pemerintah Turki.

‎Seperti ramai diberitakan sebelumnya, kalau pemerintah Turki melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta meminta supaya sembilan sekolah yang ada di Indonesia ditutup. Alasannya, sembilan sekolah tersebut terkait kelompok Fethullah Gulen, sosok yang dituduh pemerintah Turki sebagai dalang upaya Kudeta.

Berikut ini 9 sekolah di Indonesia yang diminta Pemerintah Turki untuk ditutup:

1. Pribadi Bilingual Boarding School, Depok
2. Pribadi Bilingual Boarding School, Bandung
3. Kharisma Bangsa Bilingual Boarding School, Tangerang Selatan
4. Semesta Bilingual Boarding School, Semarang
5. Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School, Yogyakarta
6. Sragen Bilingual Boarding School, Sragen
7. Fatih Boy’s Sekolah, Aceh
8. Fatih Girl’s School, Aceh
9. Banua Bilingual Boarding School, Kalimantan Selatan

 

Baca Juga

Di PBB, RI Ajak Negara OKI Beri Bantuan Logistik ke Rohingya

New York – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan negara-negara Organisasi ...