Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Umat Islam di Brunei Jika Ikut Rayakan Natal Akan Terancam Lima Tahun Penjara

Umat Islam di Brunei Jika Ikut Rayakan Natal Akan Terancam Lima Tahun Penjara

brunei

 

Negara Brunei, yang sejak 2014 menerapkan hukum Syariah, melarang setiap warganya yang beragama Islam untuk ikut-ikutan merayakan Natal. Kalau melanggar, mereka dapat dikenai sanksi yang cukup berat. Walau demikian, umat Kristiani tetap boleh merayakan hari besar mereka dengan catatan tidak dipertontonkan di hadapan publik, hanya di komunitas mereka saja.

Hukum itu sendiri mulai berlaku pada perayaan Natal 25 Desember 2015 mendatang usai diumumkan pada Januari lalu oleh Kementerian Agama Brunei. Larangan perayaan Natal bagi Muslim ini diberlakukan setelah tahun lalu banyak anak-anak dan orang dewasa di daerah yang mengenakan aksesoris Santa.

Pemerintah khawatir kalau hal semacam itu yakni ikut merayakan atau memeriahkan hari besar agama lain, yang memang dilarang dalam Islam, dapat merusak aqidah umat Muslim.

Sekarang pemerintah hanya memerintahkan agar segala macam bentuk dekorasi yang berkaitan dengan Natal dicopot, sebelum melarangnya secara total sebulan kemudian.

“Umat agama lain yang hidup di dalam negara yang berasaskan hukum Islam, sesuai hukum Syariah, boleh mempraktekan agama mereka atau merayakan hari besar keagamaan mereka di tengah komunitas mereka, dengan syarat perayaan tersebut tidak ditampilkan secara terbuka kepada umat Muslim,” ujar Kementerian Agama dalam sebuah pernyataan yang dimuat Brunei Times, 27 Desember 2014, dikutip dari International Business Times.

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa menyebarkan simbol-simbol selain Islam melanggar pasal 207 ayat 1 KUHP, dan dapat dikenakan denda maksimal 20.000 dolar Brunei atau setara Rp 199 juta atau kurungan penjara maksimal lima tahun atau keduanya.

Brunei sendiri menjadi negara pertama yang menerapkan hukum Islam di Asia Tenggara sejak April 2014.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

pelayan-restoran-bercinta

Pelayan Restoran Terekam Kamera Bercinta di Luar Restoran

Seorang pelayan restoran tertangkap kamera CCTV bercinta dengan seorang pengunjung restoran di luar restoran itu ...