Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Untung Rugi Tidur di Lantai

Untung Rugi Tidur di Lantai

tidur di lantai

Tidur di lantai mungkin tidak terlalu banyak orang yang melakukannya saat ini. Berbekal kasur tidak terlalu tebal atau karpet dan meletakkannya di lantai, membuat sebagian orang berpikir bahwa tidur di tempat tersebut tidak nyaman. Pasalnya, kasur terasa keras dan sensasinya tidak seperti terlelap pada kasur springbed atau pun dipan. Namun, tahukah Anda? Tidur di lantai sebenarnya memiliki manfaat tersendiri buat kesehatan.

Dikutip dari laman Boldsky, tidur di lantai memang ada untung ruginya. Bagi kesehatan, tidur seperti itu justru membantu sirkulasi darah berjalan lebih lancar. Di samping itu, postur tubuh menjadi lebih baik dibanding tidur menggunakan springbed. Keluhan yang berhubungan dengan rasa nyeri di area leher maupun punggung dapat diminimalisasi. Orang yang tidur di lantai cenderung tidak mengalami masalah skoliosis atau pembengkokan tulang.

Tidur di lantai juga membuat produtivitas seseorang meningkat. Orang lebih mudah mendapat kesegaran tubuh di pagi hari. Mereka akan bangun dengan perasaan lebih baik dan lebih mudah membuka mata saat jadwal bangun tiba. Pengalaman seperti ini biasanya terbalik ketika orang tidur di kasur empuk yang seringkali masih menimbulkan rasa malas untuk bangun di waktu pagi. Padahal, tubuh dan pikiran yang segar diperlukan untuk mengawal berbagai aktivitas yang dilakukan sepanjang hari hingga malam datang.

Hanya saja, tidur pada lantai sebaiknya memang dihindari saat musim dingin tiba. Pada suhu dingin yang cukup ekstrim, tidur seperti ini bisa saja menimbulkan masalah kesehatan seperti masuk angin, flu, pilek, batuk, dan sebagainya. Diperlukan alas yang tidak menyerap dingin agar kasur yang dipasang pada lantai tidak mengalami induksi hawa dingin. Bila ragu tidur di lantai dalam kondisi amat dingin, sebaiknya pindah ke dipan atau springbed.

Masalah lain yang kerap dialami pada orang yang istirahat di lantai adalah kehadiran hewan pengganggu. Semut, kecoa, kutu, dan hewan lainnya dapat menggerayangi tubuh dan mengganggu tidur. Salah satu risiko yang cukup dikhawatirkan yaitu hewan kecil yang masuk ke liang telinga. Pengambilannya memerlukan bantuan dokter THT dengan alat khusus. Oleh sebab itu, tidur di lantai perlu memastikan sekitar tempat tersebut bersih dari gangguan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...