Home / Berita / Ibu Kota / Upacara di Bukit Duri, Rizal Ramli Sindir Ahok!

Upacara di Bukit Duri, Rizal Ramli Sindir Ahok!

“Kami katakan pada para pemimpin dan pejabat jangan pidato sok Pancasila, tapi kelakuan anti-Pancasila” kata Rizal Ramli, Rabu (17/8/2016).

Upacara di Bukit Duri, Rizal Ramli Sindir Ahok!

Seperti yang diketahui jika Rizal Ramli menjadi inspektur upacara dalam agenda upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-71 di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan. Dengan antusias warga terdampak gusuran itu mengikuti upacara, mulai dari orangtua hingga anak-anak.

Di hadapan anak-anak yang berseragam SD serta para orangtua, Rizal menyuarakan kekecewaannya terhadap pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Rizal mengatakan penggusuran terhadap warga Bukit Duri sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Terlebih warga sudah puluhan tahun tinggal di kawasan itu dan rutin membayar PBB.

“Kami katakan pada para pemimpin dan pejabat jangan pidato sok Pancasila, tapi kelakuan anti-Pancasila. Apakah penggusuran itu sesuai dengan sila ketuhanan yang maha esa? Ada 400 keluarga di sini yang selama ini bayar PBB, puluhan tahun di sini”

“Apakah adil dan beradab? Digusur ke Rawa Bebek yang jauh, susah cari makan, dan masih harus bayar Rp 1,2 juta plus plus” tutur Rizal saat pidato upacara, Rabu (17/8/2016).

Menurut dia, Jakarta masih bisa dikelola dan ditata tanpa harus ada perselisihan antara pemerintah dengan masyarakat. Dia sangat menyayangkan penggusuran warga Bukit Duri dilakukan tanpa adanya obrolan antara sang gubernur dengan penduduk yang terdampak relokasi itu.

“Kalau niatnya sesuai Pancasila, solusinya harus manusiawi. Kita bisa bangun Jakarta tanpa tangisan. Katanya Pancasila, tapi apa-apa dilakukan tanpa musyawarah. Jangan sampai Pancasila jadi jampi-jampi saja”

“Diomongkan tapi tidak diamalkan. Pak Sukarno ingin Pancasila itu diamalkan. Kalau tidak dilaksanakan dan bertentangan, maka makin jauh dari kemerdekaan” tegas Rizal.

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...