Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Vaksin Palsu; Ini Dia Dua Dampak, Kalau Balita diberi Vaksin Palsu

Vaksin Palsu; Ini Dia Dua Dampak, Kalau Balita diberi Vaksin Palsu

vaksin-palsu-bayi-

 

Ahli vaksin, dr Dirga Sakti Rambe MSc-VPCD, mengungkapkan kalau pemberian vaksin palsu pada bayi dapat memiliki dua dampak negatif.

“Yang pertama dampak keamanan vaksin palsu itu bagi bayi dan yang kedua dampak proteksi atau kekebalan, yakni bayi yang diberi vaksin palsu tentu tidak memiliki proteksi atau kekebalan,” ujar Rambe, di Jakarta, Minggu (26/6) seperti dilansir Antara.

Ahli vaksin dari Universitas Siena, Italia itu, menambahkan, soal dampak keamanan, kata dia, tergantung dari larutan yang dicampurkan pembuat vaksin palsu.

Saat ini, kandungan yang terdapat dalam vaksin palsu masih diteliti lebih lanjut oleh Pusat Laboratorium Forensik Kepolisian Indonesia dan Badan POM.

“Yang jelas proses pembuatan vaksin palsu tentu tidak steril bisa tercemar virus, bakteri, dan lain sebagainya yang tidak baik bagi kesehatan,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya, kemungkinan jangka pendek yang dapat terjadi adalah timbulnya infeksi.

“Infeksi bisa bersifat ringan bisa juga infeksi sistemik. Infeksi berat bisa berupa demam tinggi, laju nadi meningkat, laju pernafasan meningkat, leukosit meningkat, anak sulit makan minum hingga terjadinya penurunan kesadaran,” paparnya.

Dampak jangka pendek itu, sambungnya, bisa terjadi dalam dua minggu pertama dan orang tua bisa memeriksakan anaknya ke dokter jika terjadi gejala itu.

“Kalau dampak yang bersifat jangka panjangnya belum bisa dipastikan, masih menunggu hasil analisis yang masih berjalan mengenai kandungan apa yang ada di dalam vaksin palsu,” katanya.

Sedangkan, dampak kedua disamping dampak keamanan adalah dampak proteksi.

“Vaksinasi bertujuan mencetuskan kekebalan pada seseorang sebelum dia sakit, jika seorang anak mendapatkan vaksin palsu tentu tujuan vaksinasi tidak tercapai, kekebalan tadi tidak pernah ada,” terangnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...