Home / Olahraga / Balap / Valentino Rossi Adalah Raja Sang Penguasa 29 Sirkuit MotoGP, Ini Datanya

Valentino Rossi Adalah Raja Sang Penguasa 29 Sirkuit MotoGP, Ini Datanya

rossi silverstone

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi menjuarai GP Inggris Raya 2015 sekaligus memecahkan kutukan tidak pernah menang di Silverstone. Sudah menguasai trek ikonik Inggris ternyata menambah panjang catatan impresif Rossi.

Silverstone sendiri menggelar ajang MotoGP yang ke-16 pada musim 2015 dan ternyata balapan ketika itu dimenangkan oleh Rossi. walau sempat diguyur hujan deras sehingga banyak pembalap yang gagal mengeluarkan potensi terbaik, The Doctor tetap apik dan mengklaim podium teratas ditemani Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso.

Usai menjadi juara di Silverstone, berarti hanya dua sirkuit yang belum pernah Rossi kuasai dalam MotoGP yakni Austin dan Aragon. Sementara Silverstone adalah trek ke-23 yang Rossi menangkan di MotoGP.

Kalau ditambah dari kategori 250 cc dan 125 cc, berarti Rossi sudah menjadi juara di 29 sirkuit berbeda termasuk di Buenos Aires, Imola, Nurburgring, Paul Ricard, Sentul, dan Shah Alam, demikian seperti diberitakan Speedweek, Sabtu (26/12).

Kemudian dua trek yang paling banyak Rossi menangkan di MotoGP adalah Assen dan Mugello. Di kedua sirkuit itu, pembalap kelahiran Urbino, Italia, sudah tujuh kali berdiri di podium teratas. Kalau dikerucutkan hingga kelas yang lebih rendah, Rossi pernah sembilan kali juara di Mugello, Assen, dan Barcelona.

 

 

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...