Home / Berita / Dunia / Vatikan Mengakui Pancasila Kunci Kerukunan Bagi Kehidupan Antar Umat Beragama

Vatikan Mengakui Pancasila Kunci Kerukunan Bagi Kehidupan Antar Umat Beragama

Kerukunan_Umat_Beragama_ilustrasi

 

Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama Vatikan, Kardinal Jean-Louis Tauran, mengakui kalau Pancasila adalah kaidah fundamental bagi kehidupan beragama di Indonesia yang disebut sebagai kunci mempertahankan kerukunan antarumat beragama.

“Pancasila pun patut menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena kaidah fundamental yang terkandung dalamnya diakui secara universal,” kata r Kardinal Jean-Louis Tauran, saat menerima delegasi MPR RI yang berkunjung ke Vatikan, demikian Sekretaris Tiga KBRI Vatikan Sturmius Teofanus Bate, seperti dikutip dari Antara.

Ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan, mengunjungi Vatikan untuk memperkuat upaya Indonesia dan Vatikan mempromosikan dialog antarumat beragama (interfaith dialogue). Dalam kunjungannya itu yang disertai Dubes RI untuk Takhta Suci, A Agus Sriyono.

Ketua MPR RI memaparkan soal informasi terkait kerukunan antarumat beragama di Indonesia yang dilandasi prinsip Bhineka Tunggal Ika.

“Indonesia berhasil mempertahankan kerukunan antarumat beragama, meskipun masih ada riak-riak intoleransi,” jelasnya.

Sementara itu menurut Kardinal Tauran, Pancasila merupakan kaidah fundamental bagi kehidupan beragama di Indonesia yang disebut sebagai kunci untuk mempertahankan kerukunan antarumat beragama.
 

 

Baca Juga

Banyak Risiko, S&P Pangkas Peringkat Utang China

Jakarta – Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor’s (S&P) Global Ratings baru saja memangkas peringkat ...