Home / Berita / Waduh…PBB Desak agar Indonesia Hentikan Eksekusi Mati pada Gembong Narkoba

Waduh…PBB Desak agar Indonesia Hentikan Eksekusi Mati pada Gembong Narkoba

LP-nusakambangan88

PBB mendesak agar Pemerintah Indonesia menghentikan eksekusi mati terhadap 14 gembong narkoba yang rencananya dilakukan minggu ini. Menurut PBB, eksekusi mati bukan cara efektif untuk melindungi orang-orang dari penyalahgunaan narkoba.

Kejaksaan Agung Indonesia sendiri sudah memutuskan ada sekitar 14 terpidana mati kasus narkoba, termasuk warga Nigeria, Pakistan, India dan Zimbabwe yang akan dieksekusi beberapa hari lagi. Kalau eksekusi ini terlaksana, maka ini merupakan eksekusi mati gelombang ketiga di era Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun desakan dari PBB itu disampaikan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Zeid Ra’ad Al Hussein, pada hari Rabu.

“Meningkatnya penggunaan hukuman mati di Indonesia sangat mengkhawatirkan, dan saya mendesak pemerintah untuk segera mengakhiri praktik yang tidak adil ini dan tidak sesuai dengan hak asasi manusia,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

“Hukuman mati bukanlah pencegah yang efektif dibandingkan dengan bentuk-bentuk hukuman (lain),  juga tidak melindungi orang dari penyalahgunaan narkoba,” sambungnya, seperti dikutip AFP, Kamis (28/7).

Ditambahkan pulam bahwa di bawah hukum internasional, di negara-negara yang belum menghapuskan hukuman mati, hanya dapat menggunakan praktik itu untuk kejahatan yang paling serius. Kejahatan yang dimaksud itu yang melibatkan pembunuhan yang disengaja.

Baca Juga

Tembus Tiga Juta Penonton, Joko Anwar Bangga dengan Prestasi ‘Pengabdi Setan’

Tembus Tiga Juta Penonton, Joko Anwar Bangga dengan Prestasi ‘Pengabdi Setan’ Foto: Devy Octaviany Jakarta ...