Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Waduh…Ternyata Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rawan Gempa, Ini Penjelasannya

Waduh…Ternyata Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rawan Gempa, Ini Penjelasannya

kereta cepat55

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam surat yang disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan soal kewaspadaannya pada megaproyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Sebabnya sepanjang jalur proyek yang menelan anggaran USD5,5 miliar itu dinilai merupakan daerah rawan gempa.

“Kami terima surat dari BMKG tentang kewaspadaan beberapa hal, ini sudah disampaikan ke KCIC untuk melakukan penyempurnaan terhadap desain yang ada,” papar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko di Jakarta, Rabu (3/2).

Ditambahkan olehnya, daerah di sepanjang jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung berdekatan dengan zona sumber gempa bumi yang berupa sesar aktif di daratan dan zona sub duksi lempeng di Samudera Hindia.

Dalam catatan sejarah gempa bumi, sambungnya, disebutkan bahwa wilayah Jakarta dan Jawa Barat sudah beberapa kali diguncang gempa bumi yang signifikan dan merusak. Hal tersebut tentu juga berpotensi‎ menimbulkan gempa bumi yang signifikan di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Skenario gempa bumi ini dapat berpotensi menimbulkan gempa bumi yang signifikan di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung,” katanya.

Lebih lanjut dituturkan, untuk mengetahui besarnya potensi bahaya gempa bumi di sepanjang jalur kereta cepat Jakarta-Bandung dan upaya pengurangan risiko akibat gempa bumi, maka perlu diadakan kajian seismologi teknik yang komprehensif di sepanjang jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Disamping itu, untuk mendukung ‎keselamatan kereta cepat Jakarta-Bandung maka perlu dilengkapi dengan sistem peringatan dini gempa bumi atau earthquake early warning system.

“Sudah saya sampaikan ke KCIC (PT Kereta Cepat Indonesia China) nanti kita tunggu respon mereka apakah desain yang sudah ada telah mencakup ini semua‎,” ungkapnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...