Home / Berita / Ibu Kota / Wagub Djarot Minta Semua PNS Jakarta dites HIV/AIDS, Ini Maksudnya

Wagub Djarot Minta Semua PNS Jakarta dites HIV/AIDS, Ini Maksudnya

-Djarot_Saiful_Hidayat_7

 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sudah mengeluarkan surat edaran melakukan pemeriksaan HIV-AIDS untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jakarta. Dijelaskan oleh Djarot, kebijakan itu berguna untuk memetakan penyakit yang belum ada obatnya itu.

“Sekarang populasi kunci sudah kita ketahui kan? Sekarang populasi umum yang naik dan meningkat. Populasi umum siapa saja? Ya, termasuk kalian. Artinya bahwa program ini perlu kita perluas. Makanya kita perintahkan Puskesmas akan melakukan pemeriksaan HIV-AIDS kepada seluruh pegawai dulu, untuk mengetahui petanya. Baru kita ketahui termasuk apa akar penyebabnya,” ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta, Kamis (24/3).

Ditambahkan oleh Djarot, bahwa Pemprov DKI telah mempelajari terkait penyakit HIV.

“Apa karena seks bebas yang berisiko, apa karena narkoba, atau karena perilaku yang menyimpang? Kita harus tahu terlebih dahulu,” imbuhnya.

Djarot pun mengatakan, surat edaran itu telah memerintahkan seluruh PNS melakukan pemeriksaan setiap Jumat.

“Setiap Jumat akan kita periksa, terutama di wilayah kecamatan tertentu. Itu kan tidak bisa satu kali jumat saja. Misalnya, Jumat ini Dinas Pendidikan seluruhnya. Kemudian Jumat depan Satpol PP keseluruhan dan begitu seterusnya. Dengan cara seperti itu kita bisa mengetahui keberadaan PNS. Ini bukan untuk kepentingan Pemprov DKI tapi juga untuk kepentingan dirinya dan keluarganya,” terang Djarot.

Lebih lanjut, pihaknya pun mengimbau bahwa seluruh PNS Jakarta tidak perlu khawatir soal aturan tersebut. Hal ini karena HIV menurutnya bisa diobati.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...