Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bola / Wajah Sepakbola Tanah Air Berduka, Sanksi FIFA Akhirnya Datang Juga

Wajah Sepakbola Tanah Air Berduka, Sanksi FIFA Akhirnya Datang Juga

logo fifa
Hari Sabtu (30/5) awan hitam menyelimuti dunia sepakbola tanah air. Federasi sepakbola dunia, FIFA, akhirnya secara resmi menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia. Putusan tersebut diambil FIFA setelah menggelar emergency meeting Komite Eksekutif di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5).

Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke,”Sanksi bagi PSSI langsung berlaku dan untuk waktu yang tidak ditentukan sampai PSSI bisa mematuhi peraturan Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA.”

Dilanjutkan pula, kalau FIFA bakal mencabut sanksi untuk Indonesia jika PSSI menyelesaikan permasalahan tanpa adanya ikut campur pihak ketiga. Selain itu, FIFA juga meminta agar tanggung jawab tim nasional dan seluruh kompetisi sepak bola Indonesia diserahkan kepada PSSI.

Akibat sanksi itu, maka kerugian harus ditanggung PSSI. “Selama disanksi, PSSI kehilangan hak keanggotaan (c.f Pasal 12 ayat 1 Statuta FIFA) dan seluruh wakil asal Indonesia (timnas maupun klub) dilarang melakukan hubungan internasional, termasuk terlibat di kompetisi FIFA dan AFC (c.f khususnya Pasal 14 ayat 3 dari Statuta FIFA),” ujar FIFA.

Disamping itu, sanksi kepada PSSI juga membuat setiap anggota dan ofisial mereka tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun dari program pengembangan FIFA dan AFC, kursus, atau latihan selama dijatuhi sanksi.

Karena sudah diberi sanksi, maka dampak yang langsung dirasakan adalah Timnas tidak bisa ikut bersaing dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, yang mulai bergulir 11 Juni.

Berdasarkan jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Taiwan pada 11 Juni sebelum bertemu Irak lima hari kemudian dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Sementara untuk tim nasional Indonesia U-23, masih bisa tampil SEA Games Singapura karena event dua tahunan tersebut sudah dimulai.

“Pada akhirnya, Exco FIFA mengetahui timnas Indonesia sedang ambil bagian di SEA Games 2015 di Singapura. Dengan sebuah pengecualian dan tidak sama dengan sanksi, Exco FIFA memutuskan timnas Indonesia bisa berpartisipasi di SEA Games hingga partisipasi mereka selesai,” demikian pernyataan FIFA.

Di Sea Games 2015, Timnas U-23 Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina. Tim asuhan pelatih Aji Santoso ini akan melakoni duel perdana melawan Myanmar di Stadion Jalan Besar Singapura, Selasa (2/6).

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

berita-terkini-aff-2016-boaz-tinggalkan-pelatnas-timnas-kenapa

Berita Terkini AFF 2016: Boaz Tinggalkan Pelatnas Timnas, Kenapa?

“Boaz memang pulang ke Jayapura, karena ada pernikahanan keluarganya” kata Alfred Rield kepada wartawan. Seperti ...