Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / WALUBI Indonesia , Tebar Kebaikan Di Hari Raya Tri Suci Waisak

WALUBI Indonesia , Tebar Kebaikan Di Hari Raya Tri Suci Waisak

Hari ini, Selasa (02/06/2015), merupakan hari yang suci bagi umat Buddha karena bertepatan dengan perayaan hari raya Waisak 2559BE/2015. Hari raya Waisak bertujuan untuk memperingati tiga peristiwa penting bagi umat Buddha yaitu:

– Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M
– Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.
– Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

Tiga peristiwa ini dinamakan “ Tri Suci Waisak”, sehingga Hari raya Waisak disebut juga hari raya “ Tri Suci Waisak”. Keputusan merayakan Tri Suci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950.

Di berbagai daerah di Indonesia, dalam memperingati perayaan Tri Suci Waisak ini berbagai macam kegiatan dilakukan oleh Perwakilan Umat Buddha di Indonesia (WALUBI). Salah satunya adalah di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang , Jawa Tengah, mereka mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis yang meliputi pelayanan: pengobatan umum dan spesialis, poli gigi (cabut dan tambal gigi), operasi katarak, operasi bedah minor dan operasi bibir sumbing.
Pengobatan gratis ini didukung oleh DISKES TNI AU, DINKES Kab.Magelang, RS Paramita dan masih banyak yang lain.

Sebelumnya, untuk mengawali Perayaan Waisak 2559BE/2015, seluruh jajaran DPP WALUBI, Majelis dan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, telah melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (17/05/2015) yang lalu.

Masih banyak lagi yang dilakukan oleh WALUBI , dalam perayaan hari raya Waisak ini yang semuanya demi terwujudnya kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Bahkan Raja Dangdut Rhoma Irama bersama 20 Kyai mengatas namakan Ketua Pusat Majelis Forum Silahturahmi Masjid dan Mushola Indonesia (FAHMI TAMAMI), datang berkunjung untuk bersilahturahmi ke kantor Dewan Pengurus Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP WALUBI) di Jakarta pada Rabu (27/05/2015).

Pemerintah, melalui Kepala Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, memberikan remisi kepada narapidana yang beragama Buddha yang telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Sekitar 224 narapidana beragama Buddha yang mendapat remisi khusus Waisak 2015 ini adalah 163 napi dari Kanwil DKI Jakarta, 18 napi dari Sumatera Selatan dan 18 napi dari Jawa Tengah. Remisi yang diterima juga beragama, remisi 15 hari sebanyak 15 napi, remisi 1 bulan sebanyak 189 napi, remisi 1 bulan 15 hari sebanyak 6 napi dan remisi 2 bulan sebanyak 4 napi.

Mari kita tebar kebaikan di Hari Raya Waisak ini, semoga kerukunan antar umat beragama tetap terjaga, karena setiap agama pasti mengajarkan kebaikan.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...