Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Wapres JK Bela Menteri ESDM Soal Surat ke Freeport, Ini Alasannya

Wapres JK Bela Menteri ESDM Soal Surat ke Freeport, Ini Alasannya

wapres jk8

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membela Menteri ESDM Sudirman Said. Wapres menegaskan kalau surat dari Kementerian ESDM kepada PT Freeport pada September 2015 bukanlah bentuk penyalahgunaan wewenang untuk perpanjangan kontrak karya perusahaan tambang tersebut di Papua.

“Kan perpanjangan, pertama diizinkan baik dalam undang-undang juga dalam perjanjian. Di situ hanya dijelaskan kalau memenuhi itu (syarat), tentu dapat dipertimbangkan. kan begitu suratnya,” ujar Wapres JK, seperti dilansir sebuah media online Jumat (27/11) sore.

Ditambahkan oleh Wapres, menurut Undang-Undang No.77/2014 juncto UU No.23/2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Minerba, PTFI dapat melanjutkan kontrak karya di Papua jika sejumlah syarat dari pemerintah dapat dipenuhi.

Sejumlah syarat yang diberikan kepada PTFI antara lain realisasi pengembangan tambang bawah tanah Grasberg Block Cave dan menyelesaikan pembangunan ekspansi pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter).

“Undang-undang juga memberikan kemungkinan. Perjanjian juga mengatakan kemungkinan. Kalau syarat-syarat itu, atau kemauan pemerintah dipenuhi,” terang wapres.

Seperti dikettahui sebelumnya dalam program dialog di salah satu televisi nasional, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mempertanyakan surat ESDM yang dikirim kepada PTFI pada Oktober sebagai penyalahgunaan wewenang.

Rizal beralasan surat itu adalah bentuk penyalahgunaan wewenang dikarenakan Menteri ESDM tidak berkoordinasi dahulu dengan dirinya selaku Menko Kemaritiman tentang sejumlah syarat yang disampaikan dalam surat itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...