Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Warga Muhammadiyah Pastikan Rayakan Idul Fitri pada 17 Juli

Warga Muhammadiyah Pastikan Rayakan Idul Fitri pada 17 Juli

din_syamsuddin

Sekretaris Lajnah Falakiyah PBNU H Nahari Muslih beberapa hari lalu mengatakan kalau Idul Fitri 1436 H/2015 kemungkinan berpotensi akan berbeda diantara organisasi Islam.

Lalu bagaimana dengan Muhammadiyah sendiri?

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, dipastikan kalau Muhammadiyah akan merayakan Idul Fitri 1436 Hijriyah/2015 pada 17 Juli 2015.

“Memang bagi yang menggunakan perhitungan hisab seperti Muhamadiyah sudah dapat memastikan Idul Fitri pada 17 Juli 2015, 16 Juli malam mulai takbiran,” ujar Din Syamsudin usai menghadiri peresmian Pusat Halal Salman ITB di Bandung, Jumat (3/7).

Din menambahkan, bagi ormas Islam yang menggunakan metode rukyat maka harus melihat dulu apakah pada 16 Juli malam atau maghrib, hilal sudah bisa dilihat di atas ufuk. Jika sudah bisa dilihat, maka akan berlebaran bersama.

“Namun bila enggak bisa keliatan apakah karena mendung atau lain-lain, maka pihak yang menggunakan rukyat ini akan menyempurnakan Ramadhan menjadi 30 hari berarti akan ber-Idul Fitri pada 18 juli,” tutur Ketua umum MUI tersebut.

Untuk itu, pihaknya meminta setiap umat Muslim tetap menjunjung tinggi toleransi jika penetapan Hari Raya Idul Fitri nanti berbeda.

“Toleransi saja. Ukhuwah islamiyah tetap dipelihara, kita kembangkan khususnya di Idul Fitri,” imbuh Din.

Sementara itu Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menuturkan adanya kemungkinan perbedaan tanggal perayaan hari Idul Fitri 1436 Hijriyah/2015 Masehi.

“Perbedaan ini karena ormas-ormas Islam masih menggunakan metode yang berbeda serta belum menyerahkan otoritas sepenuhnya untuk penetapan tanggal hari raya kepada pemerintah,” ungkap Thomas, Jumat (3/7).

Thomas Menjelaskan bahwa saat ini ada tiga jenis perhitungan atau metode, yakni untuk Muhammadiyah memakai kriteria hilal, NU menggunakan ketinggian dua derajat dan Persis menggunakan beda tinggi empat derajat.

Menurut pandangannya, posisi bulan pada tanggal 16 Juli nanti sudah lebih dari dua derajat tetapi masih kurang dari empat derajat sehingga, menurut ormas Muhammadiyah sudah pasti Idul Fitri akan berlangsung pada 17 Juli.

“Sedangkan untuk NU di kalendernya 17 Juli, tetapi NU akan menunggu kesaksian hilal. Padahal hilal saat itu masih rendah, sulit sekali diamati, potensi gagal ada. Sementara menurut Persis, itu belum masuk. Jadi kalau kalender Persis itu Lebaran 18 Juli,” ujar Thomas.

Sehingga, sambungnya, masih terbuka kemungkinan tanggal 17 atau 18 Juli 2015. Sidang isbat itu tidak bisa ditebak.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...