Home / Berita / Dunia / Warga Myanmar Tercatat Paling Dermawan di Dunia, Ini Penyebabnya

Warga Myanmar Tercatat Paling Dermawan di Dunia, Ini Penyebabnya

p13a

Sejatinya orang yang memiliki kemampuan dapat membantu mereka yang kekurangan. Nah di dunia ternyata ada negara yang warganya paling dermawan yakni Myanmar. Lho kok bisa? Ya, di negeri itu, sembilan dari 10 orang dewasa menyumbangkan uangnya untuk amal.

Sementara Burundi menempati posisi terakhir, diikuti oleh China, Yaman dan Lithuania. Hal itu menurut hasil studi yang dilakukan yayasan Charitable Aid Foundation (CAF) yang berbasis di London, Inggris.

Studi itu juga menunjukkan bahwa makin banyak orang di dunia yang menyumbang untuk amal. Sekitar 1,4 miliar orang tercatat menyumbangkan uang mereka untuk amal pada tahun 2014, atau naik 28,3 persen dibanding tahun 2013.

“Ini membesarkan hati untuk melihat bahwa meski di masa-masa ketidakpastian ekonomi di seluruh dunia, orang-orang semakin cenderung menyumbangkan uang untuk tujuan membantu orang lain,” kata direktur CAF John Low dalam statemen seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (10/11).

Menurut World Giving Index yang dirilis CAF, Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada dan Australia menyusul posisi Myanmar dalam indeks kedermawanan tersebut. CAF mengukur perilaku amal negara-negara dengan mensurvei orang-orang soal seberapa sering mereka menyumbang untuk amal, seberapa sering mereka menjadi relawan dan seberapa sering mereka membantu orang asing.

Di Myanmar, sekitar 92 persen responden mengungkapkan bahwa mereka memberikan uang untuk amal dalam sebulan terakhir. Myanmar juga menempati posisi teratas untuk jumlah relawan, dimana separuh penduduk melakukannya. Kemudian diikuti oleh Sri Lanka, Liberia, Selandia Baru, Kanada dan Amerika Serikat.

Survei yang dilakukan menunjukkan perbedaan mencolok antara tingkat kedermawanan warga Myanmar dengan kondisi negeri itu, terlebih di tengah ramainya pemberitaan mengenai kemiskinan dan penderitaan warga muslim Rohingya di negeri berpenduduk mayoritas Buddha itu.

 

 

Baca Juga

LRT Palembang Beroperasi Penuh Mei 2018

Jakarta – Proyek transportasi Light Rail Transit (LRT) di Palembang dipastikan beroperasi penuh Mei 2018. ...