Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Warning! Rupiah Terus Terjun, PHK Terjadi dimana-mana

Warning! Rupiah Terus Terjun, PHK Terjadi dimana-mana

Cambodia garment workers

Kondisi perekonomian semakin mengkhawatirkan saja, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) terus terjun. Dampaknya, terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) sudah dilakukan hampir semua sektor industri di Tanah Air. Hal ini diakui langsung oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani.

“Sudah hampir semua sektor kena PHK. Industri yang terpukul itu yang komponen impornya banyak,” ungkapnya seperti dilansir sebuah media online.

Ditambahkan olehnya, PHK atau pekerja yang dirumahkan telah terjadi secara bergilir di setiap sektor semenjak rupiah terkoreksi.

“Garmen saya dengar beberapa tidak kuat, ada beberapa tidak kuat untuk survive (bertahan). Ada juga pabrik komponen sparepart,” ujarnya.

Untuk wilayah yang banyak melakukan PHK, kata Hariyadi, adalah Pulau Jawa. Sebab, perusahaan tidak kuat membayar gaji karena membengkaknya jumlah pengeluaran.

“Wilayahnya di Jawa Barat, poinnya satu, perkara tutup karena buat perusahaan cost-nya tidak baik, ada masalah,” imbuhnya.

Sementara itu, seperti banyak diberitakan sebanyak 60.000 pekerja tekstil terpaksa terkena PHK. Hal ini dikatakan oleh kalangan pengusaha tekstil yang tergabung dalam Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

Ketua API, Ade Sudrajat mengungkapkan bahwa rata-rata perusahaan tekstil yang berorientasi marketnya di pasar domestik, sudah banyak yang berhenti produksi. Sehingga, 60.000-an pegawai tekstil telah diberhentikan.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...