Home / Berita / Nasional / Waspada, Masih ada Tiga Gunung Api Yang Bergolak

Waspada, Masih ada Tiga Gunung Api Yang Bergolak

gamalama-ternate-gunung-meletus-maluku_20141221_002059

Bagi anda warga masyarakat yang tinggal dekat dengan daerah pegunungan, harap mewapasadai karena masih ada tiga gunung berapi dengan status yang berbeda yang masih bergolak. Ketiganya adalah Gunung Raung, Gunung Gamalama dan Gunung Sinabung.

Hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (18/7).

Dijelaskan olehnya, Gunung Raung diperbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Jember masih terus meletus sejak 29 Juni lalu, hingga hari ini.

“Berdasarkan data PVMBG, tampak asap kelabu tebal tinggi 1.500 m condong ke arah Utara.Tremor vulkanik atau letusan menerus amplituda dominan 22 mm. Masih terekam tremor vulkanik/letusan menerus dengan energi kecenderungan menurun. Status Raung tetap Siaga (level 3),” ungkap Sutopo.

Sedangkan, lanjutnya, Gunung Gamalama di Kab. Ternate, Maluku Utara pada pukul 06.00-12.00 WIT, teramati beberapa kali letusan/hembusan asap putih tebal-kelabu tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap 300-800 m di atas puncak/rekahan bagian Barat Laut, asap condong ke Utara-Barat laut.

“Gempa Tremor Hembusan menerus, 9 kali gempa Hembusan, dan 1 kali gempa Tektonik Jauh. Status G. Gamalama tetap WASPADA (Level 2). Di dalam radius 1,5 km dilarang ada aktivitas masyarakat. Hujan abu terjadi di beberapa tempat. Bandara Sultan Baabulah masih ditutup. Masyarakat memerlukan bantuan masker,” imbuhnya.

Sutopo juga menambahkan kalau Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumut masih akan terus meletus sejak September 2013 hingga sekarang. Terjadi 2 kali awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 2.500 m ke arah Tenggara-Timur dan sejauh 3.000 m ke arah Selatan-Tenggara.

“Tinggi kolom abu vulkanik 700-1.000 m. Teramati guguran lava sejauh 1.500 m dari puncak kearah Selatan-Tenggara. Berdasarkan data seismik terjadi 44 kali gempa guguran, 5 kali Gempa frekwensi rendah, 8 kali Gempa Hybrid, dan Tremor vukanik menerus. Ini menandakan bahwa potensi letusan masih tinggi. Aktivitas vulkanik masih tinggi, pembentukan dan guguran kubah lava masih berlangsung terus, masih berpotensi terjadi awan panas guguran arah Selatan-Tenggara-Timur. Status G. Sinabung masih tetap AWAS (level 4),” terangnya.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...